Minggu, 04 Maret 2018

Kajian Hadits Ikaba 71-80

*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB HAL-HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU'*_

*HADITS KE-71 :*

*عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ رَحِمَهُ اَللَّهُ; ( أَنَّ فِي اَلْكِتَابِ اَلَّذِي كَتَبَهُ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم لِعَمْرِو بْنِ حَزْمٍ: أَنْ لَا يَمَسَّ اَلْقُرْآنَ إِلَّا طَاهِرٌ )  رَوَاهُ مَالِكٌ مُرْسَلاً وَوَصَلَهُ النَّسَائِيُّ وَابْنُ حِبَّانَ وَهُوَ مَعْلُولٌ*

Dari Abdullah Ibnu Abu Bakar Radliyallaahu 'anhu *bahwa dalam surat yang ditulis Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam untuk Amr Ibnu Hazm terdapat keterangan bahwa tidak boleh menyentuh Al-Qur'an kecuali orang yang suci* Diriwayatkan oleh Malik dan mursal Nasa'i dan Ibnu Hibban meriwayatkannya dengan maushul hadits ini ma'lul

*Makna Hadis :*

```Al-Qur'an merupakan firman Allah Yang Maha Agung, hujah-Nya yang mampu mematahkan lawan dan mukjizat-Nya yang abadi ditulis di dalam lembaran suci oleh tangan-tangan para malaikat yang mulia lagi bertakwa. Ia tidak patut dipegang kecuali oleh orang yang suci dari hadas supaya dia menjadi orang yang berhak membawa Kitab Allah. Inilah maksud yang terdapat di dalam surat Nabi (s.a.w) kepada 'Amr ibn Hazm. Hadis ini telah masyhur di kalangan umat serta diterima oleh mereka. Isi yang terkandung di dalamnya pula turut didukung oleh ayat-ayat al-Qur'an. Oleh yang demikian, janganlah sesekali anda memegang Kitab Allah apabila dalam keadaan berhadas untuk menghormati dan mengagungkannya.```

*Fiqh Hadis :*

Orang mukallaf tidak dibolehkan memegang al-Qur'an tanpa berwuduk.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
[24/2 12:21 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB HAL-HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU'*_

*HADITS KE-72 :*

*عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّه عَنْهَا قَالَتْ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّه صلى الله عليه وسلم يذْكُرُ اَللَّهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ وَعَلَّقَهُ اَلْبُخَارِيّ*

Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: *Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam selalu berdzikir kepada Allah dalam setiap saat* Diriwayatkan oleh Muslim dan dita'liq oleh Bukhari

*Makna Hadis :*

```Dzikir mencakup dzikir dengan hati dan dzikir dengan lisan, baik ketika dalam keadaan bersuci, berhadas, berjunub, berdiri, duduk, berbaring, berjalan, berkendaraan, bermusafir maupun bermukim. Ulama telah bersepakat untuk membolehkan berzikir berupa tasbih, tahmid, tahlil, takbir dan shalawat ke atas Nabi (s.a.w) serta berdoa dan sebagainya bagi orang yang berhadats, haid, nifas dan junub baik dzikir dengan hati maupun dengan lisan. Membaca al-Qur'an
bagi orang yang junub, haid dan nifas adalah diharamkan. Meskipun makna dzahir hadits ini mengandung pemahaman dzikir secara umum
hingga mencakup aktifitas membaca al-Qur'an bagi orang yang junub, namun hadits ini di-takhsis oleh hadits lain yang akan dikemukakan dalam bab mandi, yaitu :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرئنا القرأن مالم يكن جنبا
“Rasulullah (s.a.w) sentiasa membacakan al-Qur'an kepada kami selagi baginda tidak dalam keadaan junub.”```

*Fiqh Hadis :*

Seseorang yang berada dalam keadaan tidak berwuduk tidak mencegahnya untuk tetap berzikir dan mengingat Allah (s.w.t).

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
[25/2 1:28 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB HAL-HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU'*_

*HADITS KE-73 :*

*عَنْ أَنَسِ]بْنِ مَالِكٍ] رضي الله عنه ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم اِحْتَجَمَ وَصَلَّى وَلَمْ يَتَوَضَّأْ )  أَخْرَجَهُ اَلدَّارَقُطْنِيُّ وَلَيَّنَه*

Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu *bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berbekam lalu shalat tanpa berwudlu* Hadits dikeluarkan dan dilemahkan oleh Daruquthni

*Makna Hadis :*

```Diantara keindahan Islam adalah setiap perundangan yang ditetapkan pasti dapat diterima oleh akal sehat. Kandungan hadits ini sangat sesuai dengan kaedah wuduk, di mana wuduk tidak batal melainkan disebabkan oleh keluarnya sesuatu dari qubul dan dubur.

Keluarnya darah dari bagian yang lain dari anggota tubuh seperti berbekam untuk tujuan pengubatan tidak berpengaruh terhadap batalnya wuduk. Inilah tujuan yang disampaikan oleh hadis ini.```


*Fiqh Hadis :*

Wudhu tidak batal kerana darah keluar selain dari qubul dan dubur. Inilah
pendapat Imam al-Syafi'i sebagaimana yang telah diterangkan sebelum ini dalam hadits no. 69.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
[26/2 11:47 PM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB HAL-HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU'*_

*HADITS KE-74 :*

*عن معاوية رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: العين وِكاءُ السَّهِ، فإذا نامت العينانِ استُطلِق الوِكاءُ ؛ رواه أحمد والطبراني، وزاد: ومَن نام فليتوضَّأ، وهذه الزيادة في هذا الحديث عند أبي داود من حديث علي عليه السلام، دون قوله: استُطلِق الوِكاءُ، وفي كلا الإسنادينِ ضعفٌ.*

Dari Mu'awiyah (r.a), beliau berkata:  Rasulullah (s.a.w) bersabda :  *Mata merupakan pengikat lubang dubur. Jika kedua mata tertidur, terbukalah pengikat (nya) itu.* (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan al-Tabarani.
Ditambahkan: *“Barang siapa yang tertidur, maka hendaklah dia berwuduk.”*

Tambahan hadis ini menurut riwayat yang dikemukakan oleh Abu Dawud
dari 'Ali (r.a) tanpa menyebut perkataan: *“Maka terbukalah pengikatnya.”*
Tetapi kedua-dua sanad hadis ini dha'if)

*Makna Hadis :*

```Syariat menyamakan penyebab yang boleh mendatangkan hadas sama
kedudukannya dengan hadas itu sendiri. Ini untuk memastikan kesucian tetap terpelihara dan menjaga kemuliaan munajat supaya tidak terjadi kepada hal-hal yang mendatangkan hadas serta penyebabnya. Pandangan syariat terhadap perkara-pekara yang boleh mendatangkan hadas amatlah bijaksana. Oleh itu, ia mengambil berat penyebab yang paling hampir menimbulkan hadas dan mengabaikan penyebab yang jauh kemungkinannya mendatangkan hadas. Inilah rahasia yang terdapat di dalam masalah tidur yang nyenyak bisa membatalkan wuduk.```

*Fiqh Hadis :*

Tidur yang  nyenyak bisa membatalkan wuduk. Sehubungan itu ulama mempunyai perbagai pendapat dalam masalah ini sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadis no. 62.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
[27/2 12:02 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB HAL-HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU'*_

*HADITS KE-75 :*

*ولأبي داود ايضا عن ابن عباس مرفوعا : إنما الوضوء على من نام مضطجعا. وفي اسناده ضعف.*

Menurut riwayat Abu Dawud pula daripada Ibn Abbas (r.a) secara marfu'
*disebutkan bahwa wuduk mesti dilakukan oleh orang yang tidur dalam keadaan memiringkan tubuhnya.”* (Di dalam sanad hadis ini terdapat unsur dha'if).

*Makna Hadis :*

```Oleh kerana tidur dalam posisi miring merupakan keadaan yang paling lumrah dilakukan oleh setiap manusia, maka hadits ini membatasi keadaan yang boleh membatalkan wuduk hanya bagi orang yang tidur dalam keadaan tersebut. Hal ini ditunjukkan pula oleh hadis yang diceritakan oleh Ibn 'Abbas (r.a) yang disebut oleh Abu Dawud bahwa Rasulullah (s.a.w) pernah tidur nyenyak dalam sujudnya, kemudian baginda bangkit dan terus mengerjakan sholat tanpa berwudhu' lagi.

Ibn 'Abbas (r.a) bertanya : “Mengapa baginda nabi terus mengerjakan solat tanpa mengambil air wuduk lagi sedangkan baginda tadi sudah tertidur?”
Rasulullah (s.a.w) menjawab: “Sesungguhnya wuduk ini hanya bagi orang yang tidur dalam posisi memiringkan tubuhnya.”

'Utsman dan Hannad menambah:
“Apabila seseorang tidur dalam keadaan miring, maka semua sendinya menjadi
lentur”.```

*Fiqh Hadis :*

1. Barang siapa yang melihat suatu perkara yang dia yakini menyimpang dari adat kebiasaan maka dia hendaklah menanyakan kepada orang yang mengerjakannya apa tujuan perbuatannya itu, sekalipun orang yang ditanya itu adalah orang terhormat.

2. Orang yang melakukan perbuatan yang dianggap menyalahi adat kebiasaan dianjurkan menjawab persoalan yang telah diajukan kepadanya.

3. Tidur dengan posisi miring bisa membatalkan wuduk. Cara tidur seperti ini sering kali dilakukan oleh orang kebanyakan.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
[28/2 12:22 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB HAL-HAL YANG MEMBATALKAN WUDHU'*_

*HADITS KE-76 :*

*عَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( يَأْتِي أَحَدَكُمُ الشَّيْطَانُ فِي صَلَاتِهِ فَيَنْفُخُ فِي مَقْعَدَتِهِ فَيُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ أَحْدَثَ وَلَمْ يُحْدِثْ فَإِذَا وَجَدَ ذَلِكَ فَلَا يَنْصَرِفُ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا )  أَخْرَجَهُ اَلْبَزَّار*

*وَأَصْلُهُ فِي اَلصَّحِيحَيْنِ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ زَيْد*

*وَلِمُسْلِمٍ: عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ نَحْوُهُ*

*وَلِلْحَاكِمِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ مَرْفُوعًا ( إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الشَّيْطَانُ فَقَالَ: إِنَّكَ أَحْدَثْتَ فَلْيَقُلْ: كَذَبْتَ )وَأَخْرَجَهُ اِبْنُ حِبَّانَ بِلَفْظِ ( فَلْيَقُلْ فِي نَفْسِهِ )*

Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: *"Setan itu akan mendatangi seseorang di antara kamu pada saat dia shalat lalu meniup pada duburnya dan membuatnya berkhayal seakan-akan ia telah kentut padahal ia tidak kentut Jika ia mengalami hal itu maka janganlah ia membatalkan shalat sampai ia mendengar suara atau mencium baunya"* Dikeluarkan oleh al-Bazzar

Hadits tersebut berasal dari shahih Bukhari-Muslim dari hadits Abdullah Ibnu Zaid

Hadits serupa juga terdapat dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah

Menurut Hakim dari Abu Said dalam hadits marfu' : *"Apabila setan datang kepada seseorang di antara kamu lalu berkata: Sesungguhnya engkau telah berhadats hendaknya ia menjawab: Engkau bohong"* Hadits ini juga dikeluarkan oleh Ibnu Hibban dengan lafadz: *"Hendaknya ia mengatakan dalam hatinya sendiri"*

*Makna Hadis :*

```Syaitan senantiasa berusaha merusak ibadah yang dilakukan oleh manusia, terutama sholat dan apa-apa yang berkaitan dengannya. Syaitan mengganggu mereka dengan cara membuat seseorang ragu-ragu dalam bersuci. Ada kalanya melakukan kegiatan kotornya itu dengan menghembuskan tempat duduk
seseorang yang sedang mengerjakan sholat dan adakalanya pula dengan cara membuat seseorang menjadi waswas. Orang yang waswas dalam bersuci misalnya amat mematuhi terhadap apa disuruh dan dibisikkan oleh syaitan.

Hadits ini menetapkan satu ka'edah syariat penting yang mengatakan bahwa اليقين لا يزال بالشك “keyakinan tidak dapat dihilangkan hanya kerana wujud keraguan.” Apa yang mesti dijadikan pegangan adalah asalnya, sedangkan keraguan mesti dihilangkan dengan cara menetapkan apa yang telah diyakini sebelumnya.```

*Fiqh Hadis :*

1. Syaitan selalunya menggoda hamba Allah ketika sedang melakukan ibadah
yang paling mulia dengan tujuan merusak amal ibadah mereka. Tetapi
apapun usaha syaitan tidak membahayakan mereka dan mereka tidak batal kesuciannya kecuali dengan yakin.

2. Bau yang keluar dari dubur membatalkan wuduk.

3. Menetapkan kaedah fiqh yang mengatakan bahawa اليقين لا يزال بالشك
(keyakinan tidak boleh dihapus hanya kerana wujud keraguan).

4. Menjelaskan cara mengobati penyakit waswas dengan tidak
mengindahkannya.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
[1/3 2:36 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB TATA CARA BUANG HAJAT*_

*HADITS KE-77 :*

*عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا دَخَلَ اَلْخَلَاءَ وَضَعَ خَاتَمَهُ )  أَخْرَجَهُ اَلْأَرْبَعَةُ وَهُوَ مَعْلُول*

Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu berkata: *Adalah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam apabila masuk kakus (WC) beliau menanggalkan cincinnya.*  Diriwayatkan oleh Imam Empat tetapi dianggap ma'lul.

*Makna Hadits :*

Asma Allah Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi hendaklah dihormati dan diagungkan. Begitu pula dengan setiap sesuatu yang di dalamnya disebut nama Allah. Ini kerana ia hanya layak dibawa ke tempat yang suci bagi memeliharanya dari dihina dan dikotori. Tidak sepatutnya menyebut nama Allah ketika membuang hajat dan tidak pula bagi pakaian yang di dalamnya terdapat tulisan nama Allah seperti cincin. Tidak boleh pula memakainya di dalam tempat yang dianggap kotor. Oleh sebab itulah Nabi (s.a.w) menanggalkan cincinnya apabila hendak memasuki tandas/WC.

*Fiqh Hadits :*

1. Disyariatkan menjauhkan diri ketika hendak buang hajat supaya apa yang
dibuang tidak terlihat atau terdengar oleh orang lain, kerana berdalilkan lafaz "الخلاء" Lafaz "al-khala" ini digunakan untuk menunjukkan tempat sepi atau
tempat yang dikhususkan untuk membuang hajat.

2. Disyariatkan memelihara segala apa yang memuatkan asma Allah dan segala nama yang mesti diagungkan dari tempat-tempat yang najis.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
[2/3 2:00 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB TATA CARA BUANG HAJAT*_

*HADITS KE-78 :*

*وَعَنْهُ قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا دَخَلَ اَلْخَلَاءَ قَالَ: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ اَلْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ )  أَخْرَجَهُ اَلسَّبْعَة*

Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu bahwa *Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam apabila masuk kakus beliau berdo'a: "Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hal-hal yang keji dan kotor."* Dikeluarkan oleh Imam Tujuh.

*Makna Hadis :*

```Nabi (s.a.w) memohon perlindungan dari godaan syaitan sebagai merealisasikan 'ubudiyah dan memberikan pengajaran kepada umatnya, meskipun baginda sendiri
telah dipelihara dari perbuatan manusia dan jin. Memohon perlindungan
ketika hendak memasuki tandas (WC) disebut secara khusus, kerana biasanya syaitan mendatangi tempat-tempat tersebut memandangkan tempat-tempat itu tidak pernah disebut nama Allah. Dengan demikian, memohon perlindungan sebelum memasuki tandas merupakan satu usaha untuk melindungi diri dari syaitan, kerana syaitan mampu menguasai manusia ketika berada di dalam tandas
berbanding ketika berada tempat yang lain memandangkan ketika itu para
malaikat hafazhah menjauh dari manusia. Padang pasir akan menjadi tempat tinggal yang menyenangkan bagi syaitan dengan adanya orang yang keluar membuang hajat di situ.```

*Fiqh Hadis :*

1. Kembali kepada Allah dan memohon perlindungan kepada-Nya dari
godaan syaitan lelaki dan syaitan perempuan ketika hendak membuang hajat.

2. Menegaskan bahwa tempat-tempat untuk membuang hajat selalu didatangi oleh syaitan. Roh mereka kotor dan jahat. Oleh itu, mereka hanya layak berada di tempat-tempat yang kotor.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
[4/3 3:34 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB TATA CARA BUANG HAJAT*_

*HADITS KE-79 :*

*وَعَنْهُ قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَدْخُلُ اَلْخَلَاءَ فَأَحْمِلُ أَنَا وَغُلَامٌ نَحْوِي إِدَاوَةً مِنْ مَاءٍ وَعَنَزَةً فَيَسْتَنْجِي بِالْمَاءِ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْه*

Anas Radliyallaahu 'anhu berkata: *Pernah Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam masuk ke kakus lalu aku dan seorang pemuda yang sebaya denganku membawakan bejana berisi air dan sebatang tongkat kemudian beliau bersuci dengan air tersebut.* Muttafaq Alaihi.

*HADITS KE 80 :*

*عَنْ اَلْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ رضي الله عنه قَالَ: ( قَالَ لِي اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم خُذِ اَلْإِدَاوَةَ فَانْطَلَقَ حَتَّى تَوَارَى عَنِّي فَقَضَى حَاجَتَهُ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْه*

Dari Al-Mughirah Ibnu Syu'bah Radliyallaahu 'anhu *bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda padaku: "Ambillah bejana itu." Kemudian beliau pergi hingga aku tidak melihatnya lalu beliau buang air besar.* Muttafaq Alaihi.

*Makna Hadis :*

```Nabi Muhammad (s.a.w) adalah seorang mursyid yang bijaksana dan murabbi yang agung. Baginda mengajarkan kita inti pati akhlak. Beliau tidak pernah meninggalkan suatu kebaikan, besar maupun kecil, melainkan disampaikan kepada kita. Baginda menerangkan tentang akhlak membuang hajat yang antara
lain beristinjak dengan menggunakan air. Ini kerana air memiliki daya cuci yang lebih kuat. Di antaranya lagi menyediakan sesuatu untuk membersihkan najis berupa air atau batu. Etika yang lain dalam hal ini ialah dibolehkan menyuruh anak-anak membawa alat-alat yang hendak digunakan beristinjak tersebut di
samping disuruh menjauhi tempat keramaian di kala membuang hajat dengan memakai penutup supaya tidak kelihatan orang.```

*Fiqh Hadis :*

1. Keutamaan menjadi khadam kepada orang terhormat.

2. Disunatkan menjauhi tempat keramaian ketika membuang hajat.

3. Seorang yang terhormat dibolehkan menyuruh salah seorang sahabatnya untuk membantu keperluannya.

4. Dibolehkan menggunakan bejana untuk berwuduk dan menyediakan sesuatu berupa batu atau air untuk membersihkan najis sebelum membuang air.

5. Disyariatkan beristinjak menggunakan air. Air lebih utama daripada menggunakan batu ketika beristinjak mengingat air memiliki daya pembersih yang paling baik untuk membersihkan dan menghilangkan 'ain najis dan bekaanya. Menurut pendapat jumhur ulama, apa yang paling baik
adalah menggabungkan antara penggunaan air dan batu ketika beristinjak. Dengan arti kata lain, seseorang hendaklah menggunakan batu terlebih dahulu untuk mengurangkan najis, kemudian diikuti dengan menggunakan air untuk
menghilangkannya secara keseluruhan.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar