*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TATA CARA BUANG HAJAT*_
*HADITS KE 91 :*
*وَعَنِ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا; ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم سَأَلَ أَهْلَ قُبَاءٍ فَقَالُوا: إِنَّا نُتْبِعُ اَلْحِجَارَةَ اَلْمَاءَ ) رَوَاهُ اَلْبَزَّارُ بِسَنَدٍ ضَعِيف وَأَصْلُهُ فِي أَبِي دَاوُدَ وَاَلتِّرْمِذِيّ*
*وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه بِدُونِ ذِكْرِ اَلْحِجَارَة*
Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam setelah bertanya kepada penduduk Quba beliau bersabda: *"Sesungguhnya Allah memuji kamu sekalian." Mereka berkata: Sesungguhnya kami selalu beristinja' dengan air setelah dengan batu.* Diriwayatkan oleh Al-Bazzar dengan sanad yang lemah. Asal hadits ini ada dalam riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi.
Hadits tersebut dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah dari hadits Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu tanpa menyebut istinja' dengan batu
*Makna Hadis :*
```Agama Islam adalah agama paling suci yang diketahui oleh sejarah umat manusia dalam usahanya yang gigih untuk senantiasa menjaga kebersihan, disiplin dan akhlak mulia. Islam menganjurkan untuk melakukan istijmar dengan batu untuk
menghilangkan 'ain najis, kemudian diikuti dengan basuhan air untuk
melenyapkan bekasnya. Islam memuji orang yang konsisten mengamalkan cara tersebut ketika bersuci. Menggabungkan bersuci antara batu dengan air mengandung hikmah yang amat besar dan berkesan yang luar biasa dalam menghilangkan 'ain najis serta bekasnya.```
*Fiqh Hadis :*
1. Disyari'atkan beristinjak dengan air dan menggunakan air lebih sempurna
berbanding menggunakan batu, kerana ia memiliki kemampuan pembersih dan orang yang melakukannya mendapat pujian.
2. Diutamakan menggabungkan air dengan batu dalam beristinjak (bersuci
sesudah buang air).
```Wallahu a'lam bisshowab..```
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
[16/3 4:55 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TENTANG MANDI DAN JUNUB*_
*HADITS KE 92 :*
*عَنْ أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( اَلْمَاءُ مِنْ اَلْمَاءِ) رَوَاهُ مُسْلِم وَأَصْلُهُ فِي اَلْبُخَارِيّ*
Dari Abu said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: *"Air itu dari air."* Riwayat Muslim yang berasal dari Bukhari.
*Makna Hadis :*
```Sebahagian sahabat pada mulanya mengira bahwa kewajipan mandi junub hanya kerana bersetubuh dan mereka tidak tau bahwa mereka wajib mandi apabila mimpi mengeluarkan air mani. Nabi (s.a.w) memberitau mereka bahwa bermimpi mengeluarkan air mani wajib mandi junub. Untuk itu, Nabi (s.a.w)
bersabda bahwa wajib mandi dengan air yang boleh menyucikan apabila keluar air mani. Al-Qasr dalam hadits ini adalah qasr idhafi. Makna ini lebih utama dibanding mengatakan hadits ini di-mansukh, sebab nasakh berpegang dengan kaidah asal. Apapun, ada hadits lain yang mendukunng nasakh. Oleh sebab itu, Ibn Hajar penulis Bulugh al-Maram ini tetap berpegang dengan hadits ini, lalu mengiringinya dengan hadits lain yang berkaitan dengannya.```
*Fiqh Hadis :*
1. Wajib mandi kerana mengeluarkan air mani.
2. Pemahaman hadits ini di-nasakh oleh hadits berikut ini yang menunjukkan
wajib mandi apabila kedua khitan (tempat sunnat) bertemu.
```Wallahu a'lam bisshowab..```
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
[17/3 1:05 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TENTANG MANDI DAN JUNUB*_
*HADITS KE 93 :*
*وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا اَلْأَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ اَلْغُسْلُ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْه*
*زَادَ مُسْلِمٌ: وَإِنْ لَمْ يُنْزِلْ*
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: *"Apabila seorang laki-laki duduk di antara empat bagian (tubuh) wanita lalu mencampurinya maka ia telah wajib mandi."* Muttafaq Alaihi.
Riwayat Muslim menambahkan: *"Meskipun ia belum mengeluarkan (air mani)."*
*Makna Hadis :*
```Bersetubuh termasuk perkara yang mewajibkan mandi junub, kerana di dalamnya terdapat bersatunya kedua alat kelamin antara suami dengan isteri, baik keluar air mani ataupun tidak. Pada permulaan Islam, syari'at memberikan rukhshah bahwa yang diwajibkan mandi hanyalah apabila persetubuhan itu mengeluarkan air mani, sebagaimana yang diterangkan dalam hadits sebelum ini: “Mandi itu (wajib) kerana keluar air mani.” Kemudian syari'at memerintahkan mandi apabila telah memasukkan zakar ke dalam kemaluan isteri, sebab makna jinabah menurut istilah orang Arab secara hakiki ditujukan kepada persetubuhan, sekalipun tidak keluar air mani.```
*Fiqh Hadis :*
1. Disunatkan memakai kata sindiran dalam mengungkapkan perkara yang
bersifat aib untuk disebutkan secara langsung.
2. Wajib mandi junub kerana memasukkan zakar ke dalam kemaluan perempuan, sekalipun tidak mengeluarkan air mani.
```Wallahu a'lam bisshowab..```
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
[18/3 12:18 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TENTANG MANDI DAN JUNUB*_
*HADITS KE 94 :*
*وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى الْمَرْأَةِ تَرَى فِى مَنَامِهَا مَايَرَى الرَّجُلُ - قَالَ : ( تَغْتَسِلُ ) مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ*
*زَادَ مُسْلِمٌ: فَقَالَتْ أُمُّ سُلَيْم ٍ ( وَهَلْ يَكُونُ هَذَاقَالَ: نَعَمْ فَمِنْ أَيْنَ يَكُونُ اَلشَّبَهُ)*
Anas Radliyallahu 'Anhu berkata: *Rasulallah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda tentang perempuan yang bermimpi sebagaimana yang dimimpikan oleh laki-laki, maka sabdanya, "Ia wajib mandi."* Hadits riwayat Muttafaqun 'Alaih
Imam Muslim menambahkan: *Ummu Salamah bertanya: Adakah hal ini terjadi؟ Nabi menjawab: "Ya lalu darimana datangnya persamaan؟"*
*Makna Hadis :*
```Allah (s.w.t) membentuk rupa janin dalam rahim mengikut gambaran yang Dia kehendaki. Adakalanya anak itu mirip dengan ayahnya atau kakeknya dari sebelah ayahnya dan adakalanya pula mirip dengan ibunya atau neneknya dari sebelah ibunya. Air mani siapa diantara keduanya yang mampu mengalahkan yang lain, maka anak yang bakal dilahirkan akan mirip dengan mani yang menang
itu. Ini merupakan salah satu di antara mukjizat Nabi (s.a.w) kerana baginda
mengetahui tentang fasa yang dialami oleh janin. Nabi (s.a.w) mewajibkan mandi kepada wanita yang mengeluarkan air mani dalam mimpi, sebagaimana ia juga diwajibkan kepada lelaki, kerana wanita pada hakekatnya merupakan belahan lelaki.```
*Fiqh Hadis :*
1. Wanitapun boleh bermimpi mengeluarkan air mani sama dengan kaum lelaki.
2. Wanita tidak diwajibkan mandi kecuali apabila dia melihat adanya air mani.
3. Pengakuan yang menyatakan bahwa anak itu adakalanya mirip dengan ayahnya atau mirip dengan ibunya. Jika air mani salah seorang di antara keduanya mendahului air mani yang lainnya, maka anaknya akan mirip dengan siapa yang mengeluarkan air mani terlebih dahulu itu.
4. Seorang wanita dibolehkan meminta fatwa mengenai perkara-perkara yang
dianggap musykil baginya dalam urusan agama.
5. Perhatian yang sangat luar biasa dimiliki oleh sahabat wanita untuk sentiasa memperdalam ilmu agama.
Wallahu a'lam bisshowab..
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
[19/3 12:19 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TENTANG MANDI DAN JUNUB*_
*HADITS KE 95 :*
*وَعَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: ( كَانَ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم يَغْتَسِلُ مِنْ أَرْبَعٍ: مِنْ اَلْجَنَابَةِ وَيَوْمَ اَلْجُمُعَةِ وَمِنْ اَلْحِجَامَةِ وَمِنْ غُسْلِ اَلْمَيِّتِ ) رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَة*
'Aisyah Radliyallaahu 'anhu berkata: *Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam biasanya mandi karena empat hal: jinabat hari Jum'at berbekam dan memandikan mayit.* Riwayat Abu Dawud dan dinyatakan shahih oleh Ibnu Khuzaimah.
*MAKNA HADITS :*
```Nabi (s.a.w) mandi kerana sesuatu perkara dan memerintahkan mandi kerana beberapa perkara yang lain. Baginda mandi kerana berjunub, mandi untuk hari Jum'at dan mandi pula setelah berbekam kerana darah biasanya menyebar ke seluruh tubuh hingga sukar membasuhnya hanya pada bagian tertentu.
Menyedot darah dengan alat dapat menyebabkan darah keluar dari setiap sisi yang disedot, sedangkan mandi dapat menghentikan mengalirnya darah dan mencegah keluarnya darah secara berlebihan.
Kemestian mandi setelah memandikan jenazah adalah disebabkan tubuh
orang yang memandikannya selalunya sukar menghindar dari terkena percikan air. Jika seseorang tahu yang dirinya bakal mandi sesudah itu, maka dia tidak lagi ragu memandikan jenazah dan menyentuh tubuhnya. Apapun, belum pernah terdengar bahwa Nabi (s.a.w) pernah memandikan jenazah.```
*FIQH HADITS :*
1. Wajib mandi kerana berjunub meskipun hanya sekedar hubungan seks sekalipun tanpa keluar air mani.
2. Disyariatkan mandi pada hari Jum'at, sesudah berbekam dan sesudah memandikan jenazah.
```Wallahu a'lam bisshowab..```
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
[20/3 12:14 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TENTANG MANDI DAN JUNUB*_
*HADITS KE 96 :*
*وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه ( -فِي قِصَّةِ ثُمَامَةَ بْنِ أُثَالٍ عِنْدَمَا أَسْلَم- وَأَمَرَهُ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَنْ يَغْتَسِلَ ) رَوَاهُ عَبْدُ اَلرَّزَّاق ِ وَأَصْلُهُ مُتَّفَقٌ عَلَيْه*
Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu *tentang kisah tsamamah Ibnu Utsal ketika masuk Islam Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menyuruhnya mandi.* Riwayat Abdur Rozaq dan asalnya Muttafaq Alaihi.
*MAKNA HADITS :*
```Jika orang kafir masuk Islam, maka batinnya menjadi suci dari 'akidah yang bathil. Oleh sebab itu, syari'at memerintahkan mandi supaya dzahirnya turut menjadi suci dari kekufuran dan sisa-sisa junub yang dilakukan ketika masih kafir. Tujuannya ialah supaya dia bersiap sedia melakukan ibadah dengan dzahir dan batin yang suci serta keyakinan dan amal yang suci pula.```
*FIQH HADITS :*
Disyari'atkan mandi bagi orang yang baru masuk Islam. Ulama berbeda pendapat dalam masalah ini. Imam Ahmad mewajibkan mandi berlandaskan kepada dzahir
hadits. Imam Malik dan Imam al-Syafi'i mewajibkannya pula bagi orang yang
pernah berjunub ketika kafir, baik dia telah mandi ataupun belum, sedangkan bagi yang tidak pernah berjunub ketika kafir, hukum mandi itu hanyalah sunat. Imam Abu Hanifah mewajibkan mandi bagi orang yang berjunub ketika kafir sedangkan dia tidak pernah mandi junub dan mandi tidak wajib baginya apabila dia pernah mandi semasa dia kafir.
```Wallahu a'lam bisshowab..```
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
[21/3 1:00 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TENTANG MANDI DAN JUNUB*_
*HADITS KE 97 :*
*وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( غُسْلُ اَلْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ ) أَخْرَجَهُ اَلسَّبْعَة ُ*
Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: *"Mandi hari Jum'at itu wajib bagi setiap orang yang telah bermimpi (baligh."* Riwayat Imam Tujuh.
*Makna Hadis :*
```Nabi (s.a.w) menganjurkan mandi pada hari Jum'at dengan sunat mu'akkad. Pada permulaan Islam, mandi pada hari Jum'at adalah wajib kerana kehidupan para sahabat ketika itu amat sukar dan mereka selalu memakai baju yang terbuat dari bulu kambing yang apabila melekat pada tubuh dalam waktu yang lama akan menyebabkan bau kurang enak.
Akan tetapi setelah Allah melimpahkan banyak kenikmatan dan keluasan
rezeki kepada mereka melalui harta ghanimah yang mereka peroleh, maka hukum wajib ini di-mansukh. Hukumnya yang mulanya wajib beralih menjadi menjadi sunat mu'akkad.```
*Fiqh Hadis :*
Wajib mandi pada hari Jum'at berdasarkan keterangan yang telah disebutkan diatas, kemudian hukum wajib ini di-mansukh oleh hadis berikut ini.
*HADITS KE 97 :*
*وَعَنْ سَمُرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مَنْ تَوَضَّأَ يَوْمَ اَلْجُمُعَةِ فَبِهَا وَنِعْمَتْ وَمَنْ اِغْتَسَلَ فَالْغُسْلُ أَفْضَلُ ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ وَحَسَّنَهُ اَلتِّرْمِذِيّ*
Dari Samurah Ibnu Jundab Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: *"Barangsiapa yang berwudlu pada hari Jum'at berarti telah menjalankan sunnah dan sudah baik dan barangsiapa yang mandi maka itu lebih utama."* Riwayat Imam Tujuh dan dinilai hasan oleh Tirmidzi.
*Makna Hadis :*
```Oleh kerana hari Jum'at adalah hari raya dimana pada hari itu kaum muslimin berkumpul di rumah-rumah Allah (masjid-masjid) untuk mengerjakan shalat Jum'at dan mendengarkan khutbah dan turut hadir bersama para malaikat, maka syariat menganjurkan agar memakai wewangian dan berpakaian paling baik serta tubuh yang bersih dengan cara mandi. Ini disyari'atkan bagi orang yang mampu melakukannya dan ia lebih utama dan lebih sempurna baginya. Tetapi jika tidak mampu mandi, maka cukuplah baginya berwuduk dan orang yang mampu berwudukpun sudah dianggap mengikuti amalan Sunnah.```
*Fiqh Hadis :*
Keutamaan mandi pada hari Jum'at. Hadits ini memansukh hukum wajib yang terkandung pada hadits sebelum ini. Inilah rahasia menyebutkan hadits ini sesudahnya.
```Wallahu a'lam bisshowab..```
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
[22/3 1:05 AM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TENTANG MANDI DAN JUNUB*_
*HADITS KE 99 :*
*وَعَنْ عَلِيٍّ رضي الله عنه قَالَ: ( كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُقْرِئُنَا اَلْقُرْآنَ مَا لَمْ يَكُنْ جُنُبًا ) رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ وَهَذَا لَفْظُ اَلتِّرْمِذِيِّ وَحَسَّنَةُ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّان*
Ali Radliyallaahu 'anhu berkata: *Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam selalu membaca Al-Qur'an pada kami selama beliau tidak junub.* Riwayat Imam Tujuh dan lafadznya dari Tirmidzi. Hadits ini shahih menurut Tirmidzi dan hasan menurut Ibnu Hibban.
*MAKNA HADITS :*
```Al-Qur'an adalah kalamullah yang qadim, diturunkan melalui Malaikat Jibril yang terpercaya dengan bahasa Arab yang jelas. Membaca al-Qur'an sangat bermanfaat bagi pembacanya dan dapat menyingkirkan segala bentuk kesusahan dan dukacita dari dalam dirinya dengan meresapi perjalanan perilaku umat terdahulu di masa
lampau. Jangan anda sesekali membacanya dalam keadaan berhadas besar. Ini hendaklah dijadikan sebagai pengajaran dan peringatan demi menjaga keutamaan al-Qur'an dan mengagungkan firman Allah (s.w.t).```
*FIQH HADITS :*
Orang yang junub diharamkan membaca al-Qur'an. Abu Ya'la menyebut satu hadits dari 'Ali (r.a):
رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم توضئ ثم قرأ شيئا من القرأن ثم قال : هكذا لمن ليس بجنب فأما الجنب فلا ولو جنبا
“Saya pernah melihat Rasulullah (s.a.w) berwuduk, kemudian membaca ayat al-
Qur'an lalu baginda bersabda: “Keadaan sebegini dibolehkan bagi orang yang tidak berjunub. Adapun orang yang junub sama sekali tidak diperbolehkan,
sekalipun hanya satu ayat.”
Kesemua hadits tsiqah dan hadis ini dengan jelas mengharamkan orang junub membaca al-Qur'an kerana mengandung makna larangan. Hadits ini lebih tegas lagi dari hadits di atas kerana hadits di atas mengisahkan tentang perbuatan Nabi (s.a.w).
Namun mazhab Maliki mengecualikan apabila ayat yang dibacanya itu sedikit
dan bertujuan melindungi diri dari gangguan syaitan seperti Ayat al-Kursi,
Surat al-Ikhlash dan al-Mu'awwidzatain.
Imam Ahmad mengatakan bahawa diberi keringanan bagi orang yang berjunub membaca satu ayat atau yang semisal dengannya.
Sedangkan Imam Abu Hanifah hanya memperbolehkan membaca sebahagian dari satu ayat.
Ulama mazhab al-Syafi'i juga berkata: “Diperbolehkan membaca ayat-ayat al-
Qur'an dengan tujuan untuk berzikir dan bukan berniat membaca al-Qur'an.”
Apapun, memegang mushaf adalah diharamkan bagi orang yang junub,
sekalipun memakai penghalang atau menggunakan dengan kayu. Inilah pendapat mayoritas ulama.
```Wallahu a'lam bisshowab..```
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
[23/3 2:12 PM] Musthofa AB: *السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*
*بسم الله الرحمن الرحيم*
*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*
_*BAB TENTANG MANDI DAN JUNUB*_
*HADITS KE 100 :*
*وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا أَتَى أَحَدُكُمْ أَهْلَهُ ثُمَّ أَرَادَ أَنْ يَعُودَ فَلْيَتَوَضَّأْ بَيْنَهُمَا وُضُوءًا ) رَوَاهُ مُسْلِم*
*زَادَ اَلْحَاكِمُ: ( فَإِنَّهُ أَنْشَطُ لِلْعَوْدِ )*
Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: *"Apabila seseorang di antara kamu mendatangi istrinya (bersetubuh) kemudian ingin mengulanginya lagi maka hendaklah ia berwudlu antara keduanya."* Hadits riwayat Muslim.
Hakim menambahkan: *"Karena wudhu itu memberikan semangat untuk mengulanginya lagi."*
*Makna Hadis :*
```Seseorang yang junub dikawatirkan selalu terkena gangguan syaitan kerana malaikat yang mulia menjauhinya. Oleh sebab itu, syari'at menganjurkan untuk
berwuduk karana adanya hikmah-hikmah yang sangat luar biasa, antara lain ialah:
Pertama, apabila seseorang hendak mengulangi persetubuhan dengan isterinya, maka itu mampu memberinya semangat dan mengembalikan lagi kekuatannya.
Kedua, kerana wuduk dalam kategori bersuci kecil yang dapat dijadikan sebagai benteng bagi dirinya secara keseluruhan.
Ketiga, kerana wuduk itu adakalanya
mendorongnya untuk terus mandi junub dan inilah yang diharapkan.```
*Fiqh Hadis :*
1. Orang yang hendak menggauli isterinya untuk yang kedua kalinya
disyariatkan berwuduk.
2. Dibolehkan beribat untuk menambah semangat untuk berjimak dengan isteri.
3. Mandi di antara dua persetubuhan tidak wajib.
4. Disyari'atkan meringankan junub dengan berwuduk kerana wuduk merupakan bersuci kecil supaya orang berkenaan tidak terhalang dari berkah ditemani oleh malaikat.
Di dalam hadis yang lain disebutkan:
ِثلاثة لا تقربهم الملائكة ؛ الجنب والسكران والمتمضخ بالخلوق
“Ada tiga orang yang para malaikat tidak mau mendekatinya, yaitu orang yang junub, orang mabuk dan orang yang berbau tidak enak.”
5. Etika mengungkapkan sesuatu dengan menggunakan kata-kata sindiran untuk menceritakan perkara-perkara yang aib.
```Wallahu a'lam bisshowab..```
_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_
Semoga bermanfaat. Aamiin..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar