Kamis, 13 Desember 2018

Kajian hadits ikaba 268-283

*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 268 :*

*عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ بُحَيْنَةَ -رَضِيَ اَللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ- ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم صَلَّى بِهِمُ الظُّهْرَ  فَقَامَ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ اَلْأُولَيَيْنِ  وَلَمْ يَجْلِسْ  فَقَامَ اَلنَّاسُ مَعَهُ  حَتَّى إِذَا قَضَى اَلصَّلَاةَ  وَانْتَظَرَ اَلنَّاسُ تَسْلِيمَهُ  كَبَّرَ وَهُوَ جَالِسٌ  وَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ  قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ  ثُمَّ سَلَّمَ )  أَخْرَجَهُ اَلسَّبْعَةُ  وَهَذَا لَفْظُ اَلْبُخَارِيِّ وَفِي رِوَايَةٍ لمُسْلِمٍ : ( يُكَبِّرُ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ وَسَجَدَ اَلنَّاسُ مَعَهُ  مَكَانَ مَا نَسِىَ مِنَ الْجُلُوسِ )*

*Dari Abdullah Ibnu Buhaimah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sholat Dhuhur bersama mereka beliau berdiri pada dua rakaat pertama dan tidak duduk tasyahhud orang-orang ikut berdiri bersamanya hingga beliau akan mengakhiri sholat dan orang-orang menunggu salamnya beliau takbir dengan duduk kemudian beliau sujud dua kali sebelum salam lalu beliau salam Dikeluarkan oleh Imam Tujuh dan lafadz ini menurut riwayat Bukhari Dalam suatu riwayat Muslim: Beliau takbir pada setiap sujud dengan duduk lalu beliau sujud dan orang-orang sujud bersamanya sebagai pengganti duduk (tasyahhud) yang terlupakan*

*MAKNA HADITS :*

```Solat terdiri dari rukun dan lain-lain. Rukun mesti dikerjakan dan tidak dapat digantikan dengan sujud sahwi. Oleh kerana tasyahhud pertama tidak termasuk salah satu rukun solat, maka sujud sahwi dapat dilakukan sebagai penggantinya. Jadi, Rasulullah (s.a.w) tidak kembali duduk untuk melakukan tasyahhud. Seandainya ia rukun, niscaya baginda kembali duduk untuk melakukannya dan
tidak mencukupi hanya dengan melakukan dua kali sujud sebagai penggantinya.```

*FIQH HADITS :*

1. Jika meninggalkan tasyahhud pertama kerana lupa, maka itu dapat diganti dengan sujud sahwi.

2. Tasyahhud pertama dan duduk untuk tasyahhud pertama tidak termasuk rukun solat dan tidak pula diwajibkan. Jumhur ulama mengatakan, jika keduanya wajib, niscaya Nabi (s.a.w) tidak mengganti keduanya dengan
melakukan sujud sahwi. Imam Ahmad mengatakan, keduanya adalah wajib. Jika seseorang lupa melakukan keduanya, maka dia mesti mengganti keduanya
dengan sujud sahwi sesuai dengan pengertian hadis ini.

3. Menjelaskan bilangan sujud sahwi sebanyak dua kali sujud.

4. Disyariatkan membaca takbir untuk sujud sahwi dan salam sesudahnya.

5. Disyariatkan takbir intiqal.

6. Wajib mengikuti imam ketika melakukan sujud sahwi, termasuk pula orang yang masbuq, yakni makmum yang datang terlambat.

7. Tidak boleh melakukan sujud sahwi secara berulang kali, meskipun tertinggal beberapa perbuatan solat yang banyak terlewatkan, kerana Rasulullah (s.a.w) cukup melakukan dua kali sujud sebagai ganti kepada duduk dan tasyahhud pertama. Al-Baihaqi meriwayatkan satu hadis dari Aisyah bahwa dua kali sujud sahwi sudah mencukupi untuk menggantikan semua penambahan dan kekurangan.

8. Sujud sahwi dilakukan sebelum salam menurut pendapat Imam al-Syafi'i. Beliau menyanggah hadis-hadis lain yang menyebut Rasulullah (s.a.w) tidak menyadari kealpaannya melainkan sesudah salam, lalu baginda segera mengerjakan sujud sahwi sesudahnya, tetapi jika baginda menyadari kealpaannya sebelum itu, niscaya baginda melakukan sujud sahwi sebelum salam. Imam Ahmad mengatakan bahwa hadis mengenai masalah ini beraneka ragam. Dalam hadis ini disebutkan, sujud dilakukan sebelum salam,
sedangkan menurut hadis Abu Hurairah (r.a) yang bakal disebutkan berikut ini disebutkan di dalamnya berdiri pada tonggak kayu dan melakukan sujud sahwi
sesudah salam. Setiap hadis yang telah disebutkan hendaklah diamalkan sesuai dengan keadaannya dan tidak boleh diqiyaskan dengan hal lain.
Selain dari apa yang telah disebutkan dalam masalah ini, maka sujud sahwi hendaklah dilakukan sebelum salam. Imam Malik mengatakan, jika lupa
karena menambahkan sesuatu, maka sujud dilakukan sesudah salam, sebab itu untuk menghinakan syaitan. Oleh itu, sebaiknya dilakukan sesudah selesai mengerjakan solat. Jika lupa karena kekurangan melakukan sesuatu, maka sujud sahwi dilakukan sebelum salam, sebab itu dilakukan untuk memperbaiki
dan menggantikan kekurangan. Adalah mustahil apabila perbaikan dan penggantian itu dilakukan sesudah selesai mengerjakan solat. Apabila digabung antara kekurangan dan penambahan, maka apa yang dimenangkan adalah kekurangan dan seseorang hendaklah melakukan sujud sahwi sebelum salam. Imam Abu Hanifah mengatakan, pada awalnya sujud sahwi itu dilakukan sesudah salam dan para pengikut Imam Abu Hanifah mentakwilkan hadis-
hadis masalah ini dengan mengatakan bahwa sujud sahwi dilakukan sebelum salam.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 269 :*

*وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ -رَضِيَ اَللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ- قَالَ : ( صَلَّى النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِحْدَى صَلَاتِي الْعَشِيّ رَكْعَتَيْنِ  ثُمَّ سَلَّمَ  ثُمَّ قَامَ إِلَى خَشَبَةٍ فِي مُقَدَّمِ الْمَسْجِدِ  فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهَا  وَفِي الْقَوْمِ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ  فَهَابَا أَنْ يُكَلِّمَاهُ  وَخَرَجَ سَرَعَانُ النَّاسِ  فَقَالُوا : أَقُصِرَتْ الصَّلَاةُ  وَرَجُلٌ يَدْعُوهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم ذَا الْيَدَيْنِ  فَقَالَ : يَا رَسُولَ اَللَّهِ  أَنَسِيتَ أَمْ قُصِرَتْ ؟ فَقَالَ :  لَمْ أَنْسَ وَلَمْ تُقْصَرْ  فَقَالَ : بَلَى  قَدْ نَسِيتُ  فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ  ثُمَّ كَبَّرَ  فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ  أَوْ أَطْوَلَ] ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَكَبَّرَ  ثُمَّ وَضَعَ رَأْسَهُ  فَكَبَّرَ  فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ  أَوْ أَطْوَلَ [) ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ وَكَبَّرَ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ  وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيِّ وَفِي رِوَايَةٍ لِمُسْلِمٍ : ( صَلَاةُ الْعَصْرِ )*

*وَلِأَبِي دَاوُدَ  فَقَالَ : ( أَصَدَقَ ذُو الْيَدَيْنِ ؟  فَأَوْمَئُوا : أَيْ نَعَمْ ) وَهِيَ فِي  الصَّحِيحَيْنِ  لَكِنْ بِلَفْظِ : فَقَالُوا*

*وَهِيَ فِي رِوَايَةٍ لَهُ : ( وَلَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَقَّنَهُ اللَّهُ تَعَالَى ذَلِكَ )*

Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah sholat salah satu dari dua sholat petang dua rakaat lalu salam Kemudian beliau menuju tiang di bagian depan masjid dan meletakkan tangannya pada kayu itu. Dalam jama'ah itu ada Abu Bakar dan Umar namun keduanya tidak berani mengatakan apapun kepada beliau. Orang-orang keluar dengan segera dan mereka bertanya-tanya apakah sholat tadi di qashar. Dalam Jama'ah itu ada seorang laki-laki yang dijuluki Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Dzulyadain ia bertanya: Ya Rasulullah apakah baginda lupa atau sholat tadi memang diqashar? Beliau bersabda: Aku tidak lupa dan sholat tidak diqashar. Orang itu berkata lagi: Tidak baginda telah lupa. Maka beliau sholat dua rakaat kemudian salam lalu takbir kemudian sujud seperti biasa atau lebih lama kemudian mengangkat kepalanya lalu takbir kemudian meletakkan kepalanya lalu takbir kemudian sujud seperti biasa atau lebih lama kemudian beliau mengangkat kepalanya dan takbir. Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut riwayat Bukhari Dalam suatu riwayat Muslim: Itu adalah sholat Ashar

Menurut Riwayat Abu Dawud Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bertanya: Apakah Dzulyadain benar? Lalu mereka mengiyakan Hadits itu ada dalam shahih Bukhari-Muslim tapi dengan lafadz: Mereka berkata

Dalam suatu riwayatnya pula: Beliau tidak sujud sampai Allah Ta'ala meyakinkannya akan hal itu

*MAKNA HADITS :*

```Allah (s.w.t) mengutus Nabi kita untuk menetapkan hukum syariat yang di antaranya ialah hukum sujud sahwi ketika mengerjakan solat dan baginda telah
menjelaskan melalui perbuatannya. Ketika baginda lupa, sekalipun lupa itu bukan karena lalai menghadap Allah, melainkan semata-mata karena mensyariatkan bagi
umatnya dan menjelaskan kepada mereka hukum agama melalui perbuatannya.```

*FIQH HADITS :*

1. Perhatian para sahabat yang sedemikian tinggi untuk memperoleh ilmu melalui cara bertanya tanpa merasa segan atau rasa takut.

2. Beretika (bersopan santun) ketika bersama Nabi (s.a.w) karena Dzu al-Yadain tidak mengatakan kepadanya dengan kata-kata bahwa baginda telah lupa.

3. Tidak boleh mempercayai berita yang datang dari seseorang tanpa terlebih dahulu memastikan kebenarannya dengan bertanya kepada orang banyak.

4. Disyariatkan sujud sahwi. Sujud sahwi itu terdiri dari dua kali sujud. Ia tidak dilakukan secara berulang kali meskipun terdiri dari banyak
sebab.

5. Berbicara di dalam solat dengan sengaja membatalkan solat baik sedikit ataupun banyak. Namun berbicara demi kemaslahatan solat itu sendiri tidaklah membatalkan solat. Namun ulama masih berselisih pendapat mengenai masalah ini. Begitu pula ulama berbeda pendapat tentang orang lupa dan orang yang faham (bahwa berbicara dalam solat itu membatalkan solat).

6. Boleh meneruskan solat sesudah salam. Menurut Imam al-Syafi'i, itu boleh dilakukan apabila seseorang sadar akan lupanya dalam waktu yang tidak lama dan belum keluar meninggalkan masjid. Sebagian ulama mengatakan boleh meneruskan solat secara mutlak dan mereka mengikatnya dengan
ketentuan apabila pemisahnya tidak lama, meskipun ada pula sebagian diantara mereka yang mengatakan boleh meneruskan solat meskipun waktu pemisahnya itu lama selagi wuduk belum batal.

7. Tempat untuk melakukan sujud sahwi ialah di akhir solat, yaitu sesudah salam. Hadis ini dijadikan pegangan oleh Imam Abu Hanifah.

Nabi (s.a.w) kadangkala lupa dalam sesetengah perbuatannya untuk menetapkan satu hukum syariat ke atas umatnya sebagaimana sabda baginda:

إِنّنِيْ لَا أَنْسٰى وَلٰكِنْ أُنَسَّي لِأَسُنَّ - لِأُشَرِّعَ

“Sesungguhnya aku tidak lupa, melainkan aku dilupakan untuk menetapkan
syariat.”

9. Melakukan takbir untuk sujud sahwi dan melakukan salam sesudahnya. Sebagian ulama mengatakan bahwa seseorang hendaklah melakukan salam
dua kali -ini merupakan pendapat yang sahih- untuk membedakannya dengan salam yang biasa. Sebagian yang lain pula mengatakan bahwa salam dilakukan hanya sekali ke sebelah kanan (tanpa salam ke sebelah kiri).

10. Disyariatkan membaca tasyahhud sesudah melakukan dua kali sujud sahwi secara mutlak dan melakukan salam sesudahnya, karena berlandaskan kepada
makna zahir hadis. Ini dijadikan pegangan oleh Imam Abu Hanifah.

Mazhab Maliki mengatakan bahwa seseorang yang telah membaca tasyahhud (akhir) hendaklah melakukan tasyahhud lagi untuk sujud sahwi dan barulah bersalam.
Sedangkan seseorang yang belum membaca tasyahhud, menurut Imam Malik dalam masalah ini ada dua riwayat dan keduanya bersumber darinya. Tetapi menurut pendapat yang masyhur dalam mazhab Maliki, hendaklah
seseorang bertasyahhud agar salam yang dilakukan jatuh sesudah tasyahhud.

Imam al-Syafi'i mengatakan, jika seseorang telah melakukan sujud sebelum salam, maka dia tidak perlu bertasyahhud. Inilah pendapat masyhur dalam
mazhab al-Syafi'i. Tetapi mereka berselisih pendapat mengenai masalah sekiranya sujud dilakukan sesudah salam. Menurut pendapat yang sahih, seseorang hendaklah terus salam dan tidak perlu lagi mengucapkan tasyahhud.

Mazhab Hanbali mengatakan, jika sujud dilakukan sebelum salam, maka tidak boleh lagi bertasyahhud dan jika sujud dilakukan sesudah salam, maka baginya wajib tasyahhud.

11. Berniat keluar dari solat apabila berlandaskan kepada sangkaan bahwa solat telah sempurna, maka itu tidak menjadikan solat yang dilakukannya batal apabila telah mengucapkan salam.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 269 :*

*وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ -رَضِيَ اَللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ- قَالَ : ( صَلَّى النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِحْدَى صَلَاتِي الْعَشِيّ رَكْعَتَيْنِ  ثُمَّ سَلَّمَ  ثُمَّ قَامَ إِلَى خَشَبَةٍ فِي مُقَدَّمِ الْمَسْجِدِ  فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهَا  وَفِي الْقَوْمِ أَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ  فَهَابَا أَنْ يُكَلِّمَاهُ  وَخَرَجَ سَرَعَانُ النَّاسِ  فَقَالُوا : أَقُصِرَتْ الصَّلَاةُ  وَرَجُلٌ يَدْعُوهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم ذَا الْيَدَيْنِ  فَقَالَ : يَا رَسُولَ اَللَّهِ  أَنَسِيتَ أَمْ قُصِرَتْ ؟ فَقَالَ :  لَمْ أَنْسَ وَلَمْ تُقْصَرْ  فَقَالَ : بَلَى  قَدْ نَسِيتُ  فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ سَلَّمَ  ثُمَّ كَبَّرَ  فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ  أَوْ أَطْوَلَ] ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَكَبَّرَ  ثُمَّ وَضَعَ رَأْسَهُ  فَكَبَّرَ  فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ  أَوْ أَطْوَلَ [) ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ وَكَبَّرَ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ  وَاللَّفْظُ لِلْبُخَارِيِّ وَفِي رِوَايَةٍ لِمُسْلِمٍ : ( صَلَاةُ الْعَصْرِ )*

*وَلِأَبِي دَاوُدَ  فَقَالَ : ( أَصَدَقَ ذُو الْيَدَيْنِ ؟  فَأَوْمَئُوا : أَيْ نَعَمْ ) وَهِيَ فِي  الصَّحِيحَيْنِ  لَكِنْ بِلَفْظِ : فَقَالُوا*

*وَهِيَ فِي رِوَايَةٍ لَهُ : ( وَلَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَقَّنَهُ اللَّهُ تَعَالَى ذَلِكَ )*

Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah sholat salah satu dari dua sholat petang dua rakaat lalu salam Kemudian beliau menuju tiang di bagian depan masjid dan meletakkan tangannya pada kayu itu. Dalam jama'ah itu ada Abu Bakar dan Umar namun keduanya tidak berani mengatakan apapun kepada beliau. Orang-orang keluar dengan segera dan mereka bertanya-tanya apakah sholat tadi di qashar. Dalam Jama'ah itu ada seorang laki-laki yang dijuluki Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Dzulyadain ia bertanya: Ya Rasulullah apakah baginda lupa atau sholat tadi memang diqashar? Beliau bersabda: Aku tidak lupa dan sholat tidak diqashar. Orang itu berkata lagi: Tidak baginda telah lupa. Maka beliau sholat dua rakaat kemudian salam lalu takbir kemudian sujud seperti biasa atau lebih lama kemudian mengangkat kepalanya lalu takbir kemudian meletakkan kepalanya lalu takbir kemudian sujud seperti biasa atau lebih lama kemudian beliau mengangkat kepalanya dan takbir. Muttafaq Alaihi dan lafadznya menurut riwayat Bukhari Dalam suatu riwayat Muslim: Itu adalah sholat Ashar

Menurut Riwayat Abu Dawud Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bertanya: Apakah Dzulyadain benar? Lalu mereka mengiyakan Hadits itu ada dalam shahih Bukhari-Muslim tapi dengan lafadz: Mereka berkata

Dalam suatu riwayatnya pula: Beliau tidak sujud sampai Allah Ta'ala meyakinkannya akan hal itu

*HADITS KE 270 :*

*وَعَنْ عِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ -رَضِيَ اَللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ- ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم صَلَّى بِهِمْ  فَسَهَا فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ  ثُمَّ تَشَهَّدَ  ثُمَّ سَلَّمَ )  رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ  وَاَلتِّرْمِذِيُّ وَحَسَّنَهُ  وَالْحَاكِمُ وَصَحَّحَهُ*

_Dari Imran Ibnu Hushoin Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah sholat bersama mereka lalu beliau lupa maka beliau sujud dua kali kemudian tasyahhud lalu salam Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi Hadits hasan menurut Tirmidzi dan shahih menurut Hakim_

*MAKNA HADITS :*

```Allah (s.w.t) mengutus Nabi kita untuk menetapkan hukum syariat yang di antaranya ialah hukum sujud sahwi ketika mengerjakan solat dan baginda telah
menjelaskan melalui perbuatannya. Ketika baginda lupa, sekalipun lupa itu bukan karena lalai menghadap Allah, melainkan semata-mata karena mensyariatkan bagi
umatnya dan menjelaskan kepada mereka hukum agama melalui perbuatannya.```

*FIQH HADITS :*

1. Perhatian para sahabat yang sedemikian tinggi untuk memperoleh ilmu melalui cara bertanya tanpa merasa segan atau rasa takut.

2. Beretika (bersopan santun) ketika bersama Nabi (s.a.w) karena Dzu al-Yadain tidak mengatakan kepadanya dengan kata-kata bahwa baginda telah lupa.

3. Tidak boleh mempercayai berita yang datang dari seseorang tanpa terlebih dahulu memastikan kebenarannya dengan bertanya kepada orang banyak.

4. Disyariatkan sujud sahwi. Sujud sahwi itu terdiri dari dua kali sujud. Ia tidak dilakukan secara berulang kali meskipun terdiri dari banyak
sebab.

5. Berbicara di dalam solat dengan sengaja membatalkan solat baik sedikit ataupun banyak. Namun berbicara demi kemaslahatan solat itu sendiri tidaklah membatalkan solat. Namun ulama masih berselisih pendapat mengenai masalah ini. Begitu pula ulama berbeda pendapat tentang orang lupa dan orang yang faham (bahwa berbicara dalam solat itu membatalkan solat).

6. Boleh meneruskan solat sesudah salam. Menurut Imam al-Syafi'i, itu boleh dilakukan apabila seseorang sadar akan lupanya dalam waktu yang tidak lama dan belum keluar meninggalkan masjid. Sebagian ulama mengatakan boleh meneruskan solat secara mutlak dan mereka mengikatnya dengan
ketentuan apabila pemisahnya tidak lama, meskipun ada pula sebagian diantara mereka yang mengatakan boleh meneruskan solat meskipun waktu pemisahnya itu lama selagi wuduk belum batal.

7. Tempat untuk melakukan sujud sahwi ialah di akhir solat, yaitu sesudah salam. Hadis ini dijadikan pegangan oleh Imam Abu Hanifah.

Nabi (s.a.w) kadangkala lupa dalam sesetengah perbuatannya untuk menetapkan satu hukum syariat ke atas umatnya sebagaimana sabda baginda:

إِنّنِيْ لَا أَنْسٰى وَلٰكِنْ أُنَسَّي لِأَسُنَّ - لِأُشَرِّعَ

“Sesungguhnya aku tidak lupa, melainkan aku dilupakan untuk menetapkan
syariat.”

9. Melakukan takbir untuk sujud sahwi dan melakukan salam sesudahnya. Sebagian ulama mengatakan bahwa seseorang hendaklah melakukan salam
dua kali -ini merupakan pendapat yang sahih- untuk membedakannya dengan salam yang biasa. Sebagian yang lain pula mengatakan bahwa salam dilakukan hanya sekali ke sebelah kanan (tanpa salam ke sebelah kiri).

10. Disyariatkan membaca tasyahhud sesudah melakukan dua kali sujud sahwi secara mutlak dan melakukan salam sesudahnya, karena berlandaskan kepada
makna zahir hadis. Ini dijadikan pegangan oleh Imam Abu Hanifah.

Mazhab Maliki mengatakan bahwa seseorang yang telah membaca tasyahhud (akhir) hendaklah melakukan tasyahhud lagi untuk sujud sahwi dan barulah bersalam.
Sedangkan seseorang yang belum membaca tasyahhud, menurut Imam Malik dalam masalah ini ada dua riwayat dan keduanya bersumber darinya. Tetapi menurut pendapat yang masyhur dalam mazhab Maliki, hendaklah
seseorang bertasyahhud agar salam yang dilakukan jatuh sesudah tasyahhud.

Imam al-Syafi'i mengatakan, jika seseorang telah melakukan sujud sebelum salam, maka dia tidak perlu bertasyahhud. Inilah pendapat masyhur dalam
mazhab al-Syafi'i. Tetapi mereka berselisih pendapat mengenai masalah sekiranya sujud dilakukan sesudah salam. Menurut pendapat yang sahih, seseorang hendaklah terus salam dan tidak perlu lagi mengucapkan tasyahhud.

Mazhab Hanbali mengatakan, jika sujud dilakukan sebelum salam, maka tidak boleh lagi bertasyahhud dan jika sujud dilakukan sesudah salam, maka baginya wajib tasyahhud.

11. Berniat keluar dari solat apabila berlandaskan kepada sangkaan bahwa solat telah sempurna, maka itu tidak menjadikan solat yang dilakukannya batal apabila telah mengucapkan salam.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 271 :*

*وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ اَلْخُدْرِيِّ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاتِهِ  فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى أَثْلَاثًا أَوْ أَرْبَعًا ؟ فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ  ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ  فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْساً شَفَعْنَ] لَهُ [  )صَلَاتَهُ  وَإِنْ كَانَ صَلَّى تَمَامً ا كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ*

_Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Apabila seseorang di antara kamu ragu dalam sholat ia tidak mengetahui apakah telah sholat tiga atau empat rakaat Maka hendaknya ia meninggalkan keraguan dan memantapkan apa yang ia yakini kemudian sujud dua kali sebelum salam Maka bila telah sholat lima rakaat genaplah sholatnya Bila ternyat sholatnya telah cukup maka kedua sujud itu sebagai penghinaan kepada setan Riwayat Muslim_

*MAKNA HADITS :*

```Kaidah umum syariat diambil dari keumuman dalil-dalil syar'i yang ditetapkan oleh Nabi (s.a.w), yaitu berpegang teguh kepada keyakinan dan membuang keraguan. Semua ulama bersepekat dengan ini. Dari kaidah umum ini
bercabang banyak masalah yang antara lain ialah seseorang yang merasa ragu mengenai jumlah rakaat dalam solat, maka dia hendaklah meneruskan apa yang
diyakininya yaitu bilangan rakaat yang paling sedikit sebagai langkah berjaga-jaga agar tanggungannya bebas dalam menunaikan ibadah dengan penuh yakin, lalu hendaklah dia melakukan sujud sahwi untuk menutupi kekurangannya sekaligus sebagai penghinaan buat syaitan yang senantiasa menggodanya dalam solat.```

*FIQH HADITS :*

1. Orang yang ragu dalam solat hendaklah meneruskan apa yang diyakininya dan hendaklah dia melakukan dua kali sujud, yaitu sujud sahwi. Inilah pendapat
jumhur ulama. Sedangkan selain mereka mengatakan bahwa seseorang itu wajib mengulangi solatnya hingga dia benar-benar yakin.

2. Disyariatkan salam sesudah sujud sahwi.

3. Syaitan itu ada dan ia senantiasa berusaha menggoda hamba Allah, meskipun hamba itu berada di hadapan Allah (sedang solat).

4. Mengerjakan perintah Allah dengan sujud demi kesempurnaan solat sekaligus untuk menghina syaitan dan membuatnya kecewa.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 272 :*

*وَعَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ : ( صَلَّى رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ لَهُ : يَا رَسُولَ اَللَّهِ  أَحَدَثَ فِي اَلصَّلَاةِ شَيْءٌ ؟ قَالَ :  وَمَا ذَلِكَ ؟  قَالُوا : صَلَّيْتَ كَذَا  قَالَ : فَثَنَى رِجْلَيْهِ وَاسْتَقْبَلَ اَلْقِبْلَةَ  فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ  ثُمَّ سَلَّمَ  ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ فَقَالَ :  إِنَّهُ لَوْ حَدَثَ فِي اَلصَّلَاةِ شَيْءٌ أَنْبَأْتُكُمْ بِهِ  وَلَكِنْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ  فَإِذَا نَسِيتُ فَذَكِّرُونِي  وَإِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاتِهِ فَلْيَتَحَرَّ اَلصَّوَابَ  فلْيُتِمَّ عَلَيْهِ  ثُمَّ لِيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ* 

*وَفِي رِوَايَةٍ لِلْبُخَارِيِّ : ( فَلْيُتِمَّ  ثُمَّ يُسَلِّمْ  ثُمَّ يَسْجُدْ )*

*وَلِمُسْلِمٍ : ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم سَجَدَ سَجْدَتَيْ اَلسَّهْوِ بَعْدَ اَلسَّلَامِ وَالْكَلَامِ )*

*وَلِأَحْمَدَ  وَأَبِي دَاوُدَ  وَالنَّسَائِيِّ ; مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ بْنِ جَعْفَرٍ مَرْفُوعاً : ( مَنْ شَكَّ فِي صَلَاتِهِ  فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ بَعْدَمَا يُسَلِّمُ )  وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ*

Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sholat Ketika beliau salam dikatakan kepadanya: Ya Rasulullah apakah telah terjadi sesuatu dalam sholat؟ Beliau bersabda: Apa itu؟ Mereka berkata: Baginda sholat begini begitu Abu Mas'ud berkata: Lalu mereka merapikah kedua kakinya dan menghadap kiblat lalu sujud dua kali kemudian salam Beliau kemudian menghadap orang-orang dan bersabda: Sesungguhnya jika terjadi sesuatu dalam sholat aku beritahukan padamu tapi aku hanyalah manusia biasa seperti kamu sekalian yang dapat lupa seperti kalian Maka apabila aku lupa ingatkanlah aku dan apabila seseorang di antara kamu ragu dalam sholatnya hendaknya ia meneliti benar kemudian menyempurnakannya lalu sujud dua kali Muttafaq Alaihi

Dalam suatu hadits riwayat Bukhari: Hendaknya ia menyempurnakan lalu salam kemudian sujud

Dalam riwayat Muslim: Bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah sujud sahwi dua kali setelah salam dan bercakap-cakap

Menurut riwayat Ahmad Abu Dawud dan Nasa'i dari hadits Abdullah Ibnu Ja'far yang diterima secara marfu': Barangsiapa ragu dalam sholatnya hendaknya ia bersujud dua kali sesudah salam Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah.

*MAKNA HADITS :*

```Nabi (s.a.w) tidak pernah lupa karena baginda dipelihara dari dipedaya syaitan, tetapi adakalanya baginda mengalaminya sebagai satu syariat kepada umatnya dan memberi pengajaran kepada orang yang lupa apa yang mesti
dilakukannya apabila dia lupa ketika mengerjakan ibadah. Didalam hadis yang lain disebutkan:

إني لا أَنْسَى ولكن أُنَسَّى لأُشَرِّع

_“Sesungguhnya aku tidak lupa, melainkan aku dilupakan untuk menetapkan syariat.”_

Lupa merupakan salah satu ciri khas manusia apabila dibandingkan dengan kedudukan Allah Yang Maha Tinggi. Oleh itu, Allah Maha Suci dari sifat lupa. Allah (s.w.t) berfirman:

وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا (64)

_“Dan tidaklah Tuhanmu lupa…” (Surah Maryam: 64)_

Dalam ayat yang lain Allah berfirman:

فِي كِتَابٍ ۖ لَّا يَضِلُّ رَبِّي وَلَا يَنسَى (52)

_“… Di dalam sebuah kitab, Tuhan kami tidak akan salah dan tidak (pula) lupa.” (Surah Taha: 52)_

Demikianlah rahsia sabda Nabi (s.a.w) yang mengatakan:

إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ أَنْسَى كَمَا تَنْسَوْنَ

_“Sesungguhnya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu. Aku bisa lupa sebagaimana kamu juga lupa.”_

Namun, ada perbedaan antara lupa baginda dengan lupa mereka. Lupa baginda memuatkan ketentuan hukum dan syariat buat umatnya. Ini terjadi atas kehendak dan rahmat Allah (s.w.t). Allah (s.w.t) berfirman:

سَنُقْرِئُكَ فَلَا تَنسَىٰ (6) إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ ۚ

_“Kami akan membacakan (al-Qur'an) kepadamu (Muhammad). Maka kamu tidak akan lupa kecuali kalau Allah menghendaki...” (Surah al-A‟la: 6-7)_

Adapun lupa yang dialami oleh selain baginda, itu bersumber dari kelalaian dan godaan syaitan.```

*FIQH HADITS :*

1. Makmum mesti mengikuti imam, dan solat makmum batal apabila dia meyakini yang imam solat telah melakukan kesalahan dan dia tetap bermakmum kepadanya. Rasulullah (s.a.w) tidak menyuruh para sahabat untuk mengulangi solat, padahal mereka telah meyakini adanya tambahan rakaat. Ini
karena pada zaman Rasulullah (s.a.w) ada kemungkinan terjadi perubahan dan nasakh hukum. Oleh itu, mereka bertanya: “Apakah telah terjadi suatu perubahan dalam solat?”

2. Pengikut hendaklah mengingatkan orang yang diikutinya mengenai perkara-
perkara yang telah dilakukannya. Ini tidak boleh dihambat oleh kebesaran orang yang dianutinya itu.

3. Dianjurkan berpegang teguh kepada apa yang diyakininya dalam solat dan membuang keraguan.

4. Menjelaskan bahwa apa yang diperlukan tidak boleh terlambat dari waktu yang diperlukan, karena Nabi (s.a.w) bersabda: “Seandainya terjadi suatu perubahan dalam masalah solat, niscaya aku akan memberitahukannya kepada
kamu,” yakni sebelum datangnya waktu yang diperlukan.

5. Ada kalanya Nabi (s.a.w) mengalami lupa dalam sesetengah pekerjaan dengan tujuan menetapkan hukum syariat buat umatnya.

6. Percakapan orang yang lupa dan salamnya tidak membatalkan solat.

7. Percakapan yang disengajakan untuk kepentingan solat tidak membatalkan solat. Buktinya, Nabi (s.a.w) tidak menyuruh mereka mengulangi solatnya.

8. Disyariatkan melakukan sujud sahwi sesudah salam. Hukum sujud sahwi masih diperselisihkan di kalangan ulama.

Imam Ahmad mengatakan bahwa sujud sahwi wajib kerana berlandaskan kepada perintah yang terdapat di dalam sabda Nabi (s.a.w): “Hendaklah dia melakukan sujud dua kali.” Oleh karena makna asal perintah menunjukkan makna wajib, maka jika seseorang
meninggalkannya dengan sengaja, maka solat yang telah dikerjakannya menjadi batal apabila dia sebelum mengucapkan salam, tetapi tidak batal apabila dia telah salam. Sebab dia telah berada di luar solat dan sujud itu
hanya berfungsi untuk menutupi kekurangan yang ada padanya. Jika meninggalkan sujud ini karena lupa sebelum salam atau sesudahnya, maka dia mesti mengerjakannya selagi jarak pemisahnya tidak terlalu lama menurut ukuran kebiasaan, sekalipun dia telah berpaling dari arah kiblat atau telah berbincang-bincang. Jika jarak pemisah terlalu lama atau dia telah keluar meninggalkan masjid atau telah hadas, maka tidak perlu lagi melakukan sujud sahwi dan solatnya tetap dianggap sah.

Imam Abu Hanifah dan begitu pula murid-muridnya mengatakan bahwa sujud sahwi itu wajib dan berdosa bagi orang yang meninggalkannya, tetapi solatnya tidak batal. Dia mesti
mengulangi lagi solatnya untuk membebaskan dirinya dari dosa.

Mazhab al-Syafi'i mengatakan bahwa sujud sahwi hukumnya sunat. Inilah pendapat yang masyhur di kalangan mereka.

Mazhab Maliki mengatakan, tidak
ada bedanya antara sujud yang dilakukan oleh orang yang belum salam dengan yang sudah salam. Sebahagian mereka mengatakan wajib melakukan sujud sahwi bagi orang yang belum salam.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 273 :*

*وَعَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ( إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ  فَقَامَ فِي اَلرَّكْعَتَيْنِ  فَاسْتَتَمَّ قَائِمًا  فَلْيَمْضِ  وَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ  وَإِنْ لَمْ يَسْتَتِمْ قَائِمًا فَلْيَجْلِسْ وَلَا سَهْوَ عَلَيْهِ )  رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ  وَابْنُ مَاجَهْ  وَاَلدَّارَقُطْنِيُّ  وَاللَّفْظُ لَهُ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ*

_Dari al-Mughirah Ibnu Syu'bah bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: Apabila seseorang di antara kamu ragu ia berdiri dalam rakaat kedua dan ia sudah tegak berdiri maka hendaklah ia teruskan dan tidak usah kembali lagi dan hendaknya ia sujud dua kali Apabila ia belum berdiri tegak maka hendaknya ia duduk kembali dan tidak usah sujud sahwi Riwayat Abu Dawud Ibnu Majah dan Daruquthni Lafadznya menurut Daruquthni dengan sanad yang lemah_

*MAKNA HADITS :*

```Tidak sempat melakukan tasyahhud pertama disebabkan seseorang terus berdiri untuk mengerjakan rakaat ketiga. Jadi, seseorang itu tidak boleh kembali duduk untuk melakukan tasyahhud pertama, meskipun dia telah diingatkan oleh makmum menerusi bacaan tasbih, karena tempat untuk bertasyahhud telah terlepas dan itu mesti ditutupi dengan sujud sahwi sebagai gantinya sebagaimana yang telah dilakukan oleh Nabi (s.a.w).

Jika seseorang masih belum berada dalam posisi yang lebih mendekati berdiri, maka hendaklah dia kembali duduk untuk melakukan tasyahhud pertama dan tidak ada sujud sahwi lagi baginya. Imam Ahmad mengatakan bahwa seseorang itu tetap diharuskan melakukan sujud sahwi.```

*FIQH HADITS :*

1. Jika seseorang meninggalkan tasyahhud pertama dan duduk untuk bertasyahhud, maka dia hendaklah kembali untuk bertasyahhud selagi belum
mendekat keadaan berdiri. Jika lebih mendekati keadaan berdiri, maka dia tidak boleh kembali duduk untuk bertasyahhud, namun kemudian di akhir solat dia dikehendaki melakukan dua kali sujud sahwi. Inilah pendapat jumhur ulama. Jika kembali untuk bertasyahhud, padahal dia lebih mendekati keadaan berdiri maka batallah solatnya, menurut mazhab al-Syafi'i dan pendapat yang sahih dari mazhab Hanafi.

Mazhab Hanbali mengatakan, jika seseorang itu telah berdiri dan masih belum membaca al-Fatihah, maka lebih utama baginya
untuk tidak kembali untuk tasyahhud. Dia dibolehkan untuk kembali duduk bertasyahhud hanya karena dia masih belum melakukan rukun yang dimaksudkan ketika berdiri, iaitu membaca al-Fatihah. Dalam dua keadaan tersebut seseorang tetap dikehendaki melakukan sujud sahwi.

Mazhab Maliki mengatakan, seseorang itu tetap dibolehkan kembali duduk untuk bertasyahhud selagi kedua tangan dan kedua lututnya masih belum berpisah
dengan tanah dan tidak ada sujud sahwi baginya. Tetapi jika keduanya telah berpisah dari tanah, maka dia tidak boleh kembali untuk melakukan tasyahhud pertama. Jika tetap kembali, maka ulama berselisih pendapat baik solatnya
batal ataupun tidak. Apapun, menurut pendapat yang kuat, solatnya tidak batal meskipun dia kembali duduk untuk bertasyahhud sesudah berdiri, bahkan
sudah memasuki bacaan al-Fatihah. Jika dia kembali duduk untuk bertasyahhud sesudah selesai membaca al-Fatihah, maka batallah solatnya. Ketentuan ini berlaku bagi imam dan orang yang solat sendirian. Sedangkan
bagi makmum, seandainya dia meninggalkan tasyahhud pertama karena lupa, sementara imamnya duduk untuk bertasyahhud, maka dia wajib kembali duduk untuk bertasyahhud secara mutlak karena dia wajib mengikuti imam.
Inilah pendapat jumhur ulama dan pendapat inilah yang paling kuat di kalangan mazhab al-Syafi'i.

2. Jika seseorang masih belum lagi berdiri secara tegak, maka dia boleh kembali duduk untuk tasyahhud. Ada dua pendapat meskipun dia mesti sujud sahwi atau sebaliknya. Pendapat yang paling sahih diantara kedua pendapat itu menurut jumhur ulama adalah orang itu tidak perlu lagi sujud. Sedangkan al-Qaffal mengatakan, jika dia lebih mendekati kepada keadaan berdiri, lalu dia kembali duduk, maka dia boleh sujud sahwi. Jika dia lebih mendekati kepada duduk atau dalam posisi pertengahan diantara keduanya, maka dia tidak perlu
sujud sahwi lagi.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 274 :*

*وَعَنْ عُمَرَ رَضِيَ اَللَّهُ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : ( لَيْسَ عَلَى مَنْ خَلَفَ اَلْإِمَامَ سَهْوٌ فَإِنْ سَهَا اَلْإِمَامُ فَعَلَيْهِ وَعَلَى مَنْ خَلْفَهُ )  رَوَاهُ اَلْبَزَّارُ وَالْبَيْهَقِيُّ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ*

_Dari Umar Radliyallaahu 'anhu dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bahwa beliau bersabda: Bagi makmum itu tidak ada lupa maka jika imam lupa wajiblah sujud sahwi atas imam dan makmum Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Baihaqi dengan sanad yang lemah_

*MAKNA HADITS :*

```Imam dalam solat ibarat juru syafaat bagi para makmum dan pemimpin mereka ketika menjalankan ibadah yang paling mulia ini. Makmum wajib mengikuti imam dan haram mendahuluinya. Imam adalah orang yang bertanggung jawab di atas
segala tindakan yang dilakukannya. Dalam hadis yang lain disebutkan:

اَلْمُؤَذِّنُ أَمِيْنٌ وَالْاِمَامُ ضَمِيْنٌ

“Juru azan merupakan orang yang bersifat amanah dan imam merupakan penjamin (bagi makmumnya).”

Tidaklah heran apabila imam menanggung para makmum yang di belakangnya di atas apa yang mereka tinggalkan, sebab imam yang menjadi pemimpin mereka. Ini berlaku bagi sunat mu'akkad yang dapat ditanggung oleh
imam. Namun jika itu berupa rukun solat, maka imam tidak dapat
menanggungnya. Jika imam lupa kerana meninggalkan sesuatu yang dapat ditutupi dengan sujud sahwi, maka orang yang bermakmum di belakangnya wajib mengikutinya, sebab tujuan menjadikan imam adalah supaya dia diikuti.```

*FIQH HADITS :*

1. Makmum wajib mengikuti imam.

2. Makmum hendaklah turut melakukan sujud sahwi karena kealpaan imam dan dia tidak boleh melakukan sujud untuk dirinya sendiri ketika dia masih mengikuti imam. Inilah pendapat jumhur ulama. Jika makmum berkedudukan sebagai makmum masbuq, maka menurut mazhab al-Syafi'i dia mesti melakukan sujud bersama imam meskipun dia tahu yang imam lupa ataupun tidak dan pada akhir solatnya dia mesti melakukan sujud sahwi secara
sendirian.

Mazhab Hanbali mengatakan, makmum hendaklah turut melakukan sujud sahwi bersama imam baik imam melakukan sujud sebelum salam ataupun sesudahnya, namun makmum yang (masbuq) tidak dibebani melakukan sujud sendirian di akhir solatnya.

Mazhab Maliki mengatakan, jika imam melakukan sujud sahwi sebelum salam, maka makmum
masbuq turut melakukan sujud sahwi bersamanya dan jika makmum tidak turut serta melakukan sujud bersama imam, maka dia dapat melakukan sujud tersebut secara sendirian di akhir solatnya sesudah dia mengucapkan salam.

Mazhab Hanafi mengatakan bahwa makmum masbuq mesti melakukan sujud bersama imam, tetapi dia tidak boleh melakukan sujud sahwi secara sendirian di akhir solatnya, kecuali jika dia turut melakukan kealpaan di dalam solatnya yang dilakukan secara sendirian. Sedangkan makmum lahiq hendaklah melakukan sujud di akhir solatnya secara sendirian, tetapi tidak perlu melakukan sujud bersama imam. Makmum lahiq ialah orang yang menjumpai imam sejak dari rakaat pertama, lalu pada rakaat lain dia tertinggal kerana ada uzur yang menimpanya seperti hadas. Sedangkan makmum masbuq ialah makmum yang ketinggalan satu rakaat dari imam atau lebih dari satu rakaat. Jika imam meninggalkan sujud sahwi, maka makmum melakukannya di akhir solatnya dan inilah pendapat jumhur ulama.

Imam Abu Hanifah mengatakan bahwa makmum tidak perlu melakukan sujud sahwi jika imam meninggalkannya. Pendapat ini menurut satu riwayat dari Imam Ahmad. Jika makmum masbuq lupa ketika dia sedang menunaikan  rakaatnya, maka dia hendaklah sujud dua kali di akhir solatnya. Kedua sujudnya itu dapat menutupi kealpaan dirinya sendiri dan juga bertujuan menutupi kealpaan yang dilakukan oleh imamnya ketika dia masih bermakmum dengannya.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 275 :*

*وَعَنْ ثَوْبَانَ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : ( لِكُلِّ سَهْوٍ سَجْدَتَانِ بَعْدَمَا يُسَلِّمُ )  رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ  وَابْنُ مَاجَهْ بِسَنَدٍ ضَعِيفٍ*

_Dari Tsauban dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bahwa beliau bersabda: Setiap kali lupa itu diganti dengan dua sujud setelah salam Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ibnu Majah dengan sanad lemah_

*MAKNA HADITS :*

```Melihat tujuan utama dibalik syariat sujud sahwi ini adalah untuk membuat syaitan merasa kesal dan menzahirkan ketaatan seorang hamba kepada Allah Yang Maha Pemurah, maka cukuplah dua kali sujud dilakukan untuk menutupi semua jenis kealpaan itu. Sujud sahwi tidak berulang2, meskipun hal-hal yang menyebabkan untuk melakukan sujud sahwi itu bilang, sebab Nabi (s.a.w) pernah salam dan berbicara serta berjalan karena lupa, tetapi baginda tidak sujud kecuali hanya dua kali saja, sebagaimana apa yang telah disebutkan dalam hadis Dzu al-Yadain. Inilah pendapat jumhur ulama, sebab mereka berlandaskan kepada amalan Nabi (s.a.w) dalam hadis tersebut. Adapun hadis Tsauban ini, maka ia tidak boleh dijadikan alasan untuk menyangkal pendapat jumhur ulama melihat kedudukan hadis ini yang dha'if.```

*FIQH HADITS :*

Makna zahir hadis ini menunjukkan bahwa sujud sahwi dilakukan secara berulang kali dengan adanya kealpaan yang dilakukan secara berulang dalam solat,
karena satu kealpaan dengan yang lain tidak dapat dimasukkan kepada yang lain menjadi satu. Sedangkan menurut jumhur ulama, sujud sahwi tidak dilakukan
secara berulang meskipun kealpaan itu berulang, melainkan satu sama lain dapat digabungkan menjadi satu kali sujud sahwi meskipun kealpaan itu lebih daripada satu kali, apalagi jika kealpaan itu hanya satu kali.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 276 :*

*وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : ( سَجَدْنَا مَعَ رَسُولِ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم فِي : ( إِذَا اَلسَّمَاءُ اِنْشَقَّتْ )  و : ( اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ ) )  رَوَاهُ مُسْلِمٌ*

_Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu berkata: Kami sujud bersama Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sewaktu membawa (idzas samaaun syaqqot) dan (iqra' bismi rabbikalladzii kholaq) Diriwayatkan oleh Muslim_

*MAKNA HADITS :*

```Dari hadis ini hukum yang berkaitan dengab sujud tilawah mulai diperbincangkan. Hadis ini
dimasukkan kedalam pembahasan bab sujud sahwi ini kerana pada bahagian judul turut disebutkan sujud sahwi dan lain-lain.

Sujud tilawah (bacaan al-Qur'an) disyariatkan bagi orang yang membaca dan yang mendengarkannya. Hukumnya sunat menurut pendapat jumhur ulama sedangkan menurut mazhab Hanafi wajib, tetapi bukan fardu. Untuk melakukan sujud tilawah disyaratkan sebagaimana syarat ketika hendak mengerjakan solat,
yaitu dilakukan dalam keadaan suci dan menutup aurat. Inilah pendapat jumhur ulama. Pendapat janggal selain itu tidak perlu diambil. Masalah sujud ini
dalam surah mufassal yang memuatkan anjuran sujud masih diperselisihkan perinciannya dan kami akan segera menyebutnya dalam pembahasan berikut.```

*FIQH HADITS :*

Adanya ketetapan melakukan sujud tilawah dalam surah mufassal bagi orang yang membaca dan yang mendengarkannya di luar ataupun di dalam solat sujud tilawah ini menurut jumhur ulama hukumnya sunat, sedangkan menurut Imam
Abu Hanifah wajib. Sujud ini menurut jumhur ulama sunat hukumnya bagi orang yang membaca dan yang mendengarkannya. Dengan arti kata lain, apabila pembaca sujud, maka pendengar pula dikehendaki turut melakukan sujud bersamanya. Jika pembaca tidak sujud, maka pendengar pun tidak perlu
melakukan sujud tilawah.

Imam Ahmad mengatakan bahwa tempat untuk sujud tilawah ada lima belas ayat seperti berikut ini:

1. Dalam Surah al-A'raf ayat 206.
2. Dalam Surah al-Ra'd ayat 15.
3. Dalam Surah al-Nahl ayat 49 dan ayat berikutnya.
4. Dalam Surah al-Isra' ayat 107 hingga ayat 109.
5. Dalam Surah Maryam ayat 58.
6. Dalam Surah al-Hajj ayat 18:
7. Dalam Surah al-Hajj ayat 77.
8. Dalam Surah al-Furqan ayat 60.
9. Dalam Surah al-Naml ayat 25-26.
10. Dalam Kesepuluh, dalam Surah al-Sajdah ayat 15.
11. Dalam Surah Shad ayat 24.
12. Dalam Surah Fussilat ayat 37.
13. Dalam Surah al-Najm ayat 62.
14. Dalam Surah al-Insyiqaq ayat 21.
15. Dalam Surah al-'Alaq ayat 19.

Mazhab Hanafi mengatakan bahwa tempat-tempat untuk melakukan sujud tilawah ada empat belas. Mereka menggugurkan ayat yang kedua dari Surah al-Hajj ayat 77. Sehubungan dengan ayat tersebut mereka mengatakan bahwa
ayat itu 'azimah, yakni mengandung makna solat, bukan sujud sunat.

Imam al-Syafi'i mengatakan bahwa jumlah ayat sujud tilawah ada empat belas, yaitu dengan menggugurkan sujud dalam Surah Shad. Beliau mengatakan bahwa ayat ini mengandung maksud sujud syukur, bukan sujud tilawah.

Imam Malik mengatakan, tempat-tempat untuk sujud tilawah ada sebelas, tiada satu ayat pun dari surah mufasshal yang mengandung makna sujud tilawah, sedangkan ayat yang kedua dari Surah al-Hajj ayat 77 telah digugurkan.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 277 :*

*وَعَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ : ( ( ص ) لَيْسَتْ مِنْ عَزَائِمِ اَلسُّجُودِ  وَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَسْجُدُ فِيهَا )  رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ*

_Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu berkata: Surat Shod bukanlah termasuk surat yang disunatkan sujud tapi aku pernah melihat Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sujud ketika membacanya Riwayat Bukhari_

*MAKNA HADITS :*

```Sebagian di antara sujud tilawah memiliki hukum sunat yang lebih dikukuhkan ke atas sebagian yang lain. Setiap ayat yang di dalamnya disebutkan perintah
sujud atau anjuran untuk sujud, maka hukumnya lebih kuat daripada yang lain. Inilah yang dinamakan 'aza'im al-sujud. Manakala ayat-ayat yang di dalamnya tidak terdapat perintah sujud dan tidak pula wujud anjuran melakukannya sebagaimana ayat sujud dalam Surah Shad, maka itu sekadar memberitakan tentang sujud taubat Nabi Dawud dan kita hendaklah turut melaksanakan sujud sebagai tanda syukur.```

*FIQH HADITS :*

Melakukan sujud dalam Surah Shad tidak termasuk sujud muakkad menurut Imam al-Syafi'i rahimahullah. Sedangkan menurut jumhur ulama, ayat ini termasuk kedalam sujud tilawah yang dikukuhkan oleh Nabi (s.a.w), sebagaimana yang telah diberitakan oleh orang yang pernah melihat baginda berbuat demikian.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 278 :*

*وَعَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم سَجَدَ بِالنَّجْمِ  رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ*

_Dari Ibnu Abbas Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam sujud sewaktu membaca surat Al-Najm Riwayat Bukhari_

*HADITS KE 279 :*

*وَعَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ رضي الله عنه قَالَ : ( قَرَأْتُ عَلَى اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم اَلنَّجْمَ  فَلَمْ يَسْجُدْ فِيهَا )  مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ*

_Zaid Ibnu Tsabit Radliyallaahu 'anhu berkata: Aku pernah membaca surat Al-Najm di hadapan Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam namun beliau tidak sujud waktu itu Muttafaq Alaihi_

*MAKNA HADITS :*

```Disyariatkan melakukan sujud tilawah dalam surah mufassal adalah berlandaskan pendapat jumhur ulama, lain halnya dengan Imam Malik yang mengemukakan
pendapat yang berbeda dalam masalah ini. Sehubungan dengan itu, Imam Malik berkata:
“Tidak ada sujud di dalam surah mufassal.” Beliau berlandaskan pendapatnya dengan berdalil kepada amal perbuatan masyarakat Madinah antara lain Zaid ibn Tsabit (r.a) sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam hadisnya.

Sedangkan jumhur ulama berpegang dengan perkataan Ibn Abbas (r.a) karena perkataannya itu bersifat mengukuhkan dan oleh karenanya, ia mesti diutamakan
ke atas yang menafikannya.

Ada pula kemungkinan Nabi (s.a.w) adakalanya melakukan sujud pada suatu waktu tertentu dan meninggalkannya pada suatu waktu yang lain yang tujuannya
untuk menjelaskan bahwa perkara itu adalah sunat sekaligus menolak sangkaan yang mengatakan itu adalah fardu. Adakalanya pula karena ada halangan yang datang secara mengejut hingga baginda tidak dapat melakukan sujud sebagaimana baginda berada dalam keadaan tidak berwudu'.```

*FIQH HADITS :*

Adanya ketetapan melakukan sujud dalam surah mufasshal. Inilah tuntutan yang terdapat di dalam hadis Ibn Abbas (r.a) yang dijadikan pegangan oleh jumhur ulama.

Tidak ada sujud dalam surah mufasshal sebagaimana tuntutan yang terdapat di dalam hadis Zaid ibn Tsabit (r.a). Ini dijadikan pegangan oleh Imam Malik.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 280 :*

*وعن خَالِد بن مَعْدَان رضي الله عَنْه قال: (فُضِّلَتْ سُوْرَةُ الْحَجِّ بِسَجْدَتَيْنِ) رواه أبو داود في المرَاسِيْل.*
*ورواه أحمد والتُّرمذي موصُولاً من حديث عُقبَة بن عَامِر، وزاد: "فَمَنْ لَمْ يَسْجُدْهُمَا فَلَا يَقْرَأْهَا" وسندُه ضعيفٌ*

Dari Khalid ibn Ma'dan (r.a), beliau berkata: “Surah al-Hajj mempunyai keistimewaan karena di dalamnya memuatkan dua kali sujud tilawah.” (Diriwayatkan oleh Abu Dawud di dalam kitab al-Marasil)
Imam Ahmad dan al-Tirmizi meriwayatkan hadis ini secara mawsul dari 'Uqbah ibn 'Amir (r.a) yang di dalamnya ditambahkan: “Barang siapa yang tidak mau melakukan sujud pada keduanya, maka dia tidak perlu membacanya.” (Sanad hadis ini dha'if)

*MAKNA HADITS :*

```Sebagian surah al-Qur'an mempunyai keistimewaan khusus yang membuatnya menjadi lebih afdhal dibanding yang lain, antara lain ialah Surah al-Hajj. Di
dalam Surah al-Hajj terdapat dua ayat sajdah; pertama, pada permulaan surah dan ini telah disepakati oleh ulama; kedua, di akhir surah tetapi ini masih dipersilisihkan oleh ulama, sebagaimana yang telah diterangkan sebelum ini.

Bahkan, syariat telah mengukuhkan bahwa disyariatkan melakukan sujud pada kedua ayat dalam Surah al-Hajj tersebut hingga mengatakan: “Barang
siapa yang tidak mau sujud, maka tidak perlu membaca kedua ayat tersebut.”```

*FIQH HADITS :*

1. Keutamaan Surah Al-Hajj karena di dalamnya terdapat dua ayat sajadah.

2. Mengukuhkan bahwa disyariatkan melakukan sujud dalam dua ayat Surah al-Hajj.

3. Tidak perlu membaca dua ayat sajadah al-Hajj bagi orang yang tidak mau melakukan sujud tilawah pada keduanya.

4. Adanya ketetapan bahwa sebagian al-Qur'an mempunyai keutamaan ke atas sebagian yang lain.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 281 :*

*وَعَنْ عُمَرَ رضي الله عنه قَالَ : ( يَا أَيُّهَا اَلنَّاسُ إِنَّا نَمُرُّ بِالسُّجُودِ فَمَنْ سَجَدَ فَقَدْ أَصَابَ  وَمَنْ لَمْ يَسْجُدْ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ )   رَوَاهُ اَلْبُخَارِيُّ  وَفِيهِ : ( إِنَّ اَللَّهَ] تَعَالَى [ لَمْ يَفْرِضْ اَلسُّجُودَ إِلَّا أَنْ نَشَاءَ ) وَهُوَ فِي  اَلْمُوَطَّأِ*

_Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Wahai orang-orang kita melewati bacaan ayat-ayat sujud maka barangsiapa sujud ia telah mendapat (pahala) dan barangsiapa tidak sujud tidak mendapat dosa Diriwayatkan oleh Bukhari Dalam hadits itu disebutkan: Sesungguhnya Allah tidak mewajibkan sujud kecuali jika kita menghendaki Hadits itu termuat dalam al-Muwaththa'_

*MAKNA HADITS :*

```Hukum sujud tilawah sunat, bukan wajib. Dalilnya adalah Nabi (s.a.w) dalam setengah keadaan meninggalkan sujud ini. Begitu pula yang dilakukan oleh para
sahabat dimana mereka seringkali membaca ayat sajadah, namun mereka tidak melakukan sujud.
Umar al-Faruq (r.a) menetapkan bahwa tidak ada dosa bagi orang yang meninggalkan sujud ini, malah beliau turut menetapkan bahwa sujud ini bukannya fardu. Beliau berkata: “Sesungguhnya Allah tidak mewajibkan sujud ini
kepada kita, melainkan apabila kita menghendakinya.”```

*FIQH HADITS :*

1. Sujud tilawah bukan fardu.

2. Diwajibkan menyempurnakan sujud tilawah bagi orang yang telah melakukannya menurut pendapat Imam Malik dan Imam Abu Hanifah. Ini karena perkara sunat akan menjadi wajib apabila telah dimulai melaksanakannya dan
ini menjadikannya wajib segera disempurnakan. Dari sini istitsna'
(pengecualian) didalam sabda Rasulullah (s.a.w): "اِلَّا اَنْ نَشَاءَ" adalah istitsna' muttasil. Dengan kata lain, kalimat sebelum illa dan yang sesudahnya saling berkaitan antara satu sama lain. Menurut Imam al-Syafi'i dan Imam Ahmad pula, sujud tilawah tidak wajib hanya karena alasan ia telah dimulai. Ini karena berlandaskan kepada kaidah yang mengatakan bahwa perkara sunat tidak menjadi wajib hanya karena alasan ia telah dimulai. Dari sini istitsna' yang terdapat di dalam sabda baginda: "اِلَّا اَنْ نَشَاءَ" adalah istitsna munqati'.  Dengan demikian, maknanya adalah "tetapi sujud tilawah diserahkan sepenuhnya kepada kehendak kita".

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 282 :*

*وَعَنْ اِبْنِ عُمَرَ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- ] قَالَ [ : ( كَانَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم يَقْرَأُ عَلَيْنَا اَلْقُرْآنَ  فَإِذَا مَرَّ بِالسَّجْدَةِ  كَبَّرَ  وَسَجَدَ  وَسَجَدْنَا مَعَهُ )  رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ بِسَنَدٍ فِيهِ لِيِنٌ*

_Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam selalu membacakan Al-Qur'an pada kami maka apabila melewati bacaan ayat sajadah beliau bertakbir dan sujud lalu kami sujud bersama beliau Riwayat Abu Dawud dengan sanad yang lemah_

*MAKNA HADITS :*

```Al-Qur'an mengandung berkah dan rahmat. Orang yang membacanya diberi ganjaran pahala dan orang yang mendengarkannya mendapat limpahan rahmat, kerana dia turut meresapi maknanya dan turut serta dalam amal kebaikan. Disini
syariat mensunahkan pendengar untuk turut melakukan sujud tilawah jika pembaca melakukan, sebab pembaca memiliki kedudukan yang sama dengan
imam dalam solat.

Sujud tilawah terdiri dari takbir iftitah. Ini telah disepakati oleh ulama. Ia turut mengandung takbir intiqal yang masih diperselisihi oleh ulama dan takbir mengangkat tubuh. Tetapi apakah seseorang itu mesti membaca tasyahhud dan salam karena diqiyaskan dengan tahlil dan tahrim seperti selesai mengerjakan solat, masalah ini masih diperselisihkan.```

*FIQH HADITS :*

1. Melakukan takbir iftitah untuk sujud tilawah.

2. Pendengar ayat sajadah hendaknya turut melakukan sujud ketika pembaca melakukan sujud.

3. Disyariatkan duduk diantara himpunan para sahabat apabila mengajarkan kepada mereka hukum-hukum yang bersumber dari al-Qur'an dan kisah umat-umat terdahulu.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..
*السلام عليكم ورحمة الله وبركاته*

*بسم الله الرحمن الرحيم*

*KAJIAN KITAB IBANAH AL-AHKAM KARYA ASSAYYID ALAWI BIN ABBAS AL-MALIKI*

_*BAB SUJUD SAHWI, SUJUD TILAWAH DAN SUJUD SYUKUR*_

*HADITS KE 283 :*

*وَعَنْ أَبِي بَكْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ( كَانَ إِذَا جَاءَهُ أَمْرٌ يَسُرُّهُ خَرَّ سَاجِداً لِلَّهِ )  رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ إِلَّا النَّسَائِيَّ*

_Dari Abu Bakrah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila menerima kabar gembira beliau segera sujud kepada Allah Diriwayatkan oleh Imam Lima kecuali Nasa'i_

*HADITS KE 284 :*

*وَعَنْ عَبْدِ اَلرَّحْمَنِ بْنِ عَوْفٍ رضي الله عنه قَالَ : ( سَجَدَ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فَأَطَالَ اَلسُّجُودَ  ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ وَقَالَ :  إِنَّ جِبْرِيلَ آتَانِي  فَبَشَّرَنِي  فَسَجَدْت لِلَّهِ شُكْرًا )  رَوَاهُ أَحْمَدُ  وَصَحَّحَهُ اَلْحَاكِمُ*

_Abdul Rahman Ibnu Auf Radliyallaahu 'anhu berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah sujud beliau melamakan sujud itu setelah mengangkat kepala beliau bersabda: Sesungguhnya Jibril datang kepadaku dan membawa kabar gembira maka aku bersujud syukur kepada Allah Riwayat Ahmad dan dinilai shahih oleh Hakim_

*HADITS KE 285 :*

*وَعَنْ اَلْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا- ( أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم بَعَثَ عَلِيًّا إِلَى اَلْيَمَنِ - فَذَكَرَ اَلْحَدِيثَ - قَالَ : فَكَتَبَ عَلِيٌّ رضي الله عنه بِإِسْلَامِهِمْ  فَلَمَّا قَرَأَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم اَلْكِتَابَ خَرَّ سَاجِدًا )  رَوَاهُ اَلْبَيْهَقِيُّ وَأَصْلُهُ فِي اَلْبُخَارِيِّ*

_Dari al-Barra' Ibnu Azib Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah mengutus Ali ke negeri Yaman Kemudian hadits itu menyebutkan: Ali lalu mengirim surat tentang ke-Islaman mereka Ketika Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam membaca surat itu beliau langsung sujud syukur kepada Allah atas berita tersebut_

*MAKNA HADITS :*

```Disyariatkan melakukan sujud syukur ketika memperoleh nikmat atau dijauhkan dari malapetaka. Inilah pendapat Imam al-Syafi'i dan Imam Ahmad. Imam Malik tidak mau mengakui amalan ini karena ia tidak diamalkan oleh masyarakat
Madinah. Sedangkan pendapat yang bersumber daripada Imam Abu Hanifah masih ada perselisihan pendapat. Ada kemungkinan hadis ini belum sampai kepadanya.

Nabi (s.a.w) pernah melakukan sujud ketika membaca ayat di dalam Surah Shad, lalu baginda bersabda: “Sujud ini sebagai tanda syukur kami.” Ka'ab ibn Malik (r.a) salah seorang diantara tiga orang yang tidak turut serta berperang
melakukan sujud syukur ketika Allah menurunkan ayat yang menerima taubatnya. Dalam melakukan sujud syukur disyariatkan apa yang disyaratkan ketika hendak melakukan sujud tilawah.```

*FIQH HADITS :*

1. Disyariatkan melakukan sujud syukur. Inilah pendapat Imam al-Syafi'i dan Imam Ahmad. Mazhab Hanafi mengatakan, tidak makruh melakukan sujud syukur dan tidak pula sunat, sedangkan Imam Malik tidak pernah mengatakannya.

2. Keutamaan membaca sholawat ke atas Nabi (s.a.w).

3. Disyariatkan mengirimkan pasukan sariyyah.

4. Taat kepada pemimpin dalam setiap keadaan yang diperintahkannya.

5. Mengajak umat manusia untuk beribadah kepada Allah dengan cara yang lemah lembut dan baik.

6. Boleh meringkaskan hadis dan hanya menyebutkan bagian yang penting saja untuk dijadikan sebagai syahid dan dalil.

```Wallahu a'lam bisshowab..```

_*Demikian Kajian Hadits untuk hari ini.*_

Semoga bermanfaat. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar